Warga Keluhkan Jalan Ke Tiga Desa Rusak Parah

by -

METROPOLITAN – Warga Kabupaten Sukabumi mengeluhkan jalan menuju tiga desa di Kecamatan Cikakak, Kabupa­ten Sukabumi, yang rusak parah. Sebab, jalan yang merupakan akses warga tiga desa menuju pusat kota tersebut, selama bertahun-tahun dibiarkan rusak. Erwin, warga setempat mengatakan, kurang le­bih tiga kilometer jalan yang melalui Desa Margalaksana, Sinaresmi dan Rido­galih kondisinya rusak. Jalan ini sudah lama rusak, namun hingga kini belum juga ada perbaikan dari pemerintah.

Erwin mengungkapkan, dengan kondisi jalan yang rusak ini, warga merasa priha­tin dan kasihan kepada para pengemudi, khususnya pengendara sepada motor dan pejalan kaki yang melintas di jalan terse­but. Sebab, kenyamanan mereka sangat terganggu dengan kondisi jalan yang rusak. “Jalan itu penuh lubang, masih be­batuan karena belum pernah diaspal atau­pun dicor beton sehingga para penge­mudi kendaraan bermotor khawatir akan keselamatannya,” jelas Erwin.

Padahal, menurut Erwin, masalah ke­rusakan jalan ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi dan sudah bukan menjadi ke­wenangan pihak desa setempat. ”Katanya sih jalan ini sudah menjadi milik kabupa­ten dan kewenangan tanggung jawab untuk memperbaikinya pun sudah men­jadi kewenangan kabupaten,” terang Erwin.

Erwin mengatakan, jika kewenangan jalan ini sudah diambil pihak kabupaten, harusnya segera diperbaiki, jangan sam­pai dibiarkan seperti ini. ”Kewenangannya diambil tapi tidak diperbaiki, itu kan tidak seimbang,” kesal Erwin. Erwin berharap Pemkab Sukabumi segera memperbaiki kondisi jalan tersebut sehingga bisa mem­beri ketenangan dan kenyamanan ke­pada pengguna jalan, khususnya pengen­dara roda dua.

Hal senada disampaikan Ade Soetisna, salah seorang pemerharti jalan di Kabu­paten Sukabumi. Ia mengungkapkan, sudah selayaknya Pemkab Sukabumi memberikan sebuah kegembiraaan ke­pada masyarakat di tiga desa di Kecama­tan Cikakak itu dengan perhatiannya berupa jalan yang bagus untuk mem­bantu mereka meningkatkan ekonominya. ”Saya minta Pemkab Sukabumi melalui dinas intansi terkait segera melakukan perbaikan jalan di akses tiga desa tersebut. Sehingga, jalur akses perekonomian war­ga desa setempat berjalan normal,” pin­tanya.

(ted/hep/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *