SHARE

Budaya gotong-royong terus digeliatkan warga Desa Pasarean, Kecamatan Pamijahan. Saat betonisasi jalan di Kampung Pasarean, RW 01, semua warga ikut kerja bakti. Bahkan, beberapa anak muda bahu-membahu dengan kaum bapak. Jalan tersebut merupakan akses penghubung dua desa yang banyak dilalui warga, sehingga jadi prioritas desa.

TIM Pengelola Kegiatan Desa Pasarean Ruhiyat mengatakan, infrastruktur yang mulus merupakan faktor penunjang guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk itu, warga gotong-royong ngecor jalan penghubung Kampung Pasarean, Desa Pasarean dengan Desa Gunungpicung. “Tadinya jalannya rusak dan berlubang, tapi sekarang sudah mulus. Kami mengajak seluruh warga menghidupkan budaya gotong-royong dan melestarikan tradisi sosial kemasyarakatan,” katanya.

Saat ada pembangunan jalan, sambung dia, kerja bakti selalu diutamakan dengan melibatkan swadaya masyarakat. “Jalan ini dibangun untuk meningkatkan per­ekonomian masyarakat. Apalagi akses ini banyak digunakan warga untuk mem­bawa hasil panen mereka ke pasar,” ka­tanya.

Sementara Kepala Desa Pasarean Dedi Furkon menambahkan, jalan tersebut mer­upakan jalan utama yang banyak dilewati warga sehingga pemerintah desa mem­prioritaskan segera menyelesaikan pembangu­nan jalan tersebut.

Dengan banyaknya peningkatan jalan yang dikerjakan masyarakat, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian warga. “Dari dulu sampai sekarang budaya gotong-royong sudah menjadi tradisi. Jadi, kami harap warga terus mempertahankannya demi kemajuan Desa Pasarean,” pung­kasnya.

(ads/c/yok/run)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY