SHARE

METROPOLITAN – Sedikitnya 200 personel gabungan Satpol PP Provinsi Jawa Barat dan Satpol PP Kota Sukabumi membongkar dan menertibkan ratusan bangunan liar (bangli) di sepanjang Jalan Pembangunan, Kota Sukabumi, kemarin. Ratusan bangli tersebut dibongkar karena sudah berdiri sejak lama dan sangat mengganggu aktivitas para pejalan kaki. Sehingga menyebabkan kemacetan di sepanjang Jalan Pembangunan Selakaso. “Pembongkaran dan penertiban terhadap bangunan liar yang berdiri diatas trotoar itu kami lakukan bersama Satpol PP Provinsi Jawa Barat sudah sesuai dengan prosedur,” jelas Kepala Satpol PP Kota Sukabumi Yadi Moelyadi, kepada Metropolitan, Selasa (13/9).

Menurut Yadi, upaya tersebut adalah merupakan upaya terakhirnya. Satpol PP pun sebelumnya sudah menggunakan prosedur dan melalui berbagai tahapan. “Ya, tidak juga langsung bongkar begitu saja, tapi sebelumnya sudah dengan upaya-upaya pemberitahuan sudah kami layangkan,” jelasnya.

Penertiban dan pembongkaran ini, menurut Yadi, karena bangunan liar itu berdiri di atas trotoar yang bukan merupakan peruntukannya, tapi untuk para pejalan kaki. Terlebih bangli tersebut tidak memiliki izin alias ilegal. “Kami bongkar dan tertibkan bangli ini untuk mengembalikan fungsi awal jalan dan trotoar. Nantinya agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pengguna jalan,” ujar Yadi.

Dijelaskan Yadi, ratusan bangli tersebut diketahuinya sudah berdiri sejak lama dan sangat mengganggu aktivitas para pejalan kaki. Bahkan, akibat adanya bangli tersebut juga menyebabkan kemacetan di sepanjang Jalan Pembangunan selakaso.

(yan/hep/ram)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY