SHARE

METROPOLITAN – Keeksotisan Danau Toba dan Pulau Samosir di Sumatra Utara telah berhasil meluluhkan hati banyak wisatawan.

Memiliki panjang mencapai 85 kilometer dengan lebar 27 kilometer dan kedalamanya mencapai lebih dari 500 meter, menjadikan Danau Toba menyandang predikat sebagai danau kawah (danau vulkanik) terbesar di dunia.

Danau indah yang satu ini terbentuk dari satu atau beberapa kali letusan gunung berapi yang luar biasa besarnya. Menurut beberapa ilmuwan bisa jadi fenomena alam itu termasuk di antara letusan terbesar dan terdahsyat dalam sejarah bumi. Letusan itu mengakibatkan terbentuknya kawah yang luar biasa besar.

Seiring berjalannya waktu, kawah tersebut dipenuhi air dan membentuk danau, yang sering kita kenal dengan sebutan Danau Toba. Kemudian pergeseran lapisan bumi menyebabkan dasar danau naik dan membentuk Pulau yang sangat indah yaitu Pulau Samosir.

Luas Pulau Samosir cukup mencengangkan yakni sekitar 647 kilometer persegi, hampir setara dengan luas negara Singapura.

Di sebelah utara Danau Toba Anda masih dapat menjumpai berbagai fauna yang mana sekarang langka untuk ditemukan seperti lutung, orang utan, dan berbagai jenis monyet.

Sedangkan dibagian selatan Danau Toba terdapat fauna yang berbeda jenisnya seperti monyet linguir, ingkir, dan tapir. Ini merupakan hal yang unik karena danau ini seolah-olah menjadi garis pemisah ekologi fauna antara sisi utara dan selatan Danau Toba.

Sejauh mata memandang hanya keindahan yang dilihat, deretan gunung yang mengelilingi danau begitu indah dan menakjubkan. Kadang kabut tebal menyelimuti danau yang dingin dan sejuk ini. Saat tidak ada kabut, maka lekukan danau toba terlihat indah dan patut untuk dikagumi.

Danau Toba seperti sebuah laut ditengah-tengah daratan yang benar-benar menyejukkan. Jika Anda ingin mengamati lebih jelas setiap jengkal lekuk indah Danau Toba, maka lihatlah melalui Menara Tele. Apalagi jika dilihat pada pagi hari, pemandangannya sungguh “aduhai”  tidak bisa digambarkan dengan kata-kata dijamin Anda takjub dan terpukau. Bukit Menara Tele dapat ditemukan di antara Pangururan dan Sidikalang.

Jika ingin menginap tanpa harus menyeberang ke Pulau Samosir, anda dapat memilih berbagai penginapan didaerah Parapat. Di Parapat terdapat beberapa hotel dan resort yang berhubungan langsung dengan pemandangan ke Danau Toba.

Daya Tarik Pulau Samosir

Berada di tengah-tengah Danau Toba, pulau samosir menyuguhkan keindahan yang tidak kalah menakjubkan. Di Pulau Samosir banyak sekali objek wisata yang bisa Anda explore, mulai dari wisata alam dan wisata budaya.

Saat mencapai Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir, pengunjung akan disambut banyak jejeran pedagang cindera mata khas Danau Toba dan khas tanah Batak. Masuk ke daerah pedesaan penduduk yang selalu ramah kembali akan menyambut kedatangan para wisatawan. Di sana pengunjung dapat berwisata sambil bercengkrama mengenal berbagai macam kebuudayaan dan sejarah adat orang Batak di Pulau Samosir.

sumber : viva.co.id

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY