SHARE

METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, terus menggenjot peningkatan infrastruktur diwilayahnya. Seperti, peningkatan ruas jalan lingkungan (jaling) di RW 03, tepatnya di RT 01 dan 02. Dilokasi itu, pemdes setempat bersama warga melaksanakan pengerjaan hotmix sepanjang 375 meter, dengan lebar satu meter dan ketebalan tiga cm. Pengerjaan jalan ini bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahap awal Rp 48.980.000.Sedangkan, dilingkungan RW 08, RT 01 dan 02,  pengerjaan serupa dilaksanakan dengan panjang 585 meter, lebar satu meter dan ketebalan tiga cm yang juga bersumber dari dana desa. 

Kepala Desa Rancabungur, Sumantri menjelaskan, total keseluruhan penyerapan DD tahap pertama Rp512.000.000.Sedangkan, kelebihan anggaran setelah digunakan untuk pembangunan infrastruktur di manfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat diwilayah sekitar.“Pengerjaan memakan waktu 30 hari kalender, dan itu dilaksanakan bersama – sama dengan masyarakat setempat, serta pihak ketiga (kontraktor),” ujar Sumantri saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Dia mengaku, bersyukur lantaran semua pengerjaan peningkatan jaling sudah terealisasi belum lama ini. “Semoga, denganpengerjaan swakelola ini masyarakat dapat menjaga jaling agar tidak cepat rusak, dan mau bersama menjaga serta merawat pengerjaan yang sudah rampung itu,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Hari Suharlan (43) mengungkapkan, rasa puasnya atas capaian kinerja yang sudah dilakasanakan Pemdes Rancabungur.  “Dengan dilaksanakanya pembangunan dan peningkatan infrastruktur secara otomatis meningkatkan ekonomi masyarakat. Artinya, memudahkan masyarakat setempat untuk melakukan aktifitas,” pungkasnya.

(yos/c/yok/run)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY