News, Sport and Lifestyle

Belikan Batik Corak Jakarta Rp100 Ribu

METROPOLITAN – Usai menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung tancap gas ke Istana Bogor. Seharian kemarin Jokowi menerima kedatangan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in. Termasuk menemani tamu kenegaraannya blusukan ke Bogor Trade Mal (BTM) membeli batik.

Presiden Jokowi bersama Presiden Moon Jae-in kompak dengan memilih jenis batik yang sama saat keduanya bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto blusukan ke mal BTM, Jalan Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, kemarin.

Di BTM, Jokowi bersama orang nomor satu se-Korsel itu mengunjungi salah satu gerai baju batik bernama Toko Batik Kencana Ungu di lantai UG mal BTM.

Keduanya kompak memilih dan membeli batik corak Jakarta namun dengan warna berbeda. Jokowi memilih warna biru, sedangkan Moon Jae-in warna merah. Batik tersebut harganya Rp100 ribu saja per buahnya.

Banyak warga yang ingin bersalaman dengan Presiden Jokowi. Dengan nada bercanda, Jokowi berkata lebih baik menyalami Presiden Korsel. “Salaman sama ini saja (menunjuk Presiden Moon Jae-in, red). Ini orang Korea lho, orang hebat. Nggak usah salaman sama saya,” katanya kepada pekerja toko batik tersebut.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, Presiden Negeri Ginseng itu ingin blusukan, tidak hanya ke Istana Bogor tetapi juga melihat UMKM yang ada di Kota Hujan.

“Di Korea, Myeongdong, tempat belanja baju sehari-hari. Beliau memilih BTM karena lebih banyak UMKM-nya, apalagi banyak pernak-pernik dan batik,” katanya kepada awak media, kemarin.

Politisi PAN ini menambahkan, keduanya punya kesamaan yakni suka blusukan. “Kelihatannya tadi minta dipilihin, cocoknya warna apa (batik, red). Saya tidak paham bahasa Korea, saya memahaminya seperti itu. Keduanya sama-sama senang blusukan. Presiden Jae-in juga disuguhkan teh Pochi dari Tjong Ci. Katanya dia pengin teh asli Indonesia,” lanjutnya.

Sementara Humas BTM Sisko Delgado menjelaskan, pihaknya sudah diberi tahu soal kedatangan Jokowi sejak tiga hari lalu, namun baru ada kepastian kemarin pagi. “Tiga hari yang lalu dari pihak istana sudah survei ke BTM, katanya Jokowi mau blusukan. Tapi tempatnya belum pasti, antara BTM atau Botani Square. Baru tadi pagi (kemarin, red) ada kepastian 85 persen ke sini. Nah, baru deh kami berbenah. Kan sudah ada plan juga beliau-beliau mau ke mana, mau beli apa,” ungkapnya.

Kepala Toko Kencana Ungu Vicky memaparkan, kedua pemimpin itu memilih batik secara acak dan sama sekali bukan rekomendasi dari toko. “Ya kami sudah dikasih tahu sih Jokowi mau datang ke toko kami, makanya kami siap-siap. Senang sih. Mereka juga beli dua buah batik dengan motif yang sama, motif Jakarta, namun dengan warna yang berbeda. Dua-duanya seharga Rp100 ribu. Pak Jokowi sendiri yang milihin,” tuntasnya.

(ryn/c/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *