METROPOLITAN – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Bogor resmi melantik 40 Kepala Sekretariat (Kasek) Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Gedung Yayasan Dharmais, Sukaraja, kemarin. Kasek diminta menjalankan tugas sesuai aturan dan jika terbukti bermasalah akan langsung dicopot dari status Pegawai Negeri Sipil (PNS) nya. “Kasek panwascam harus bekerja sesuai koridor aturan. Saya menekankan bahwa kasek panwascam yang bermasalah tidak ada sanksi lain selain berhenti,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Burhanudin, saat memberikan sambutan mewakili bupati Bogor, kemarin.

Lelaki yang akrab disapa Burhan ini berharap kasek yang telah dilantik mampu bekerja secara amanah dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Kasek juga diminta bersinergi dengan pihak lain agar pelaksanaan pilkada serentak 2018 berjalan semestinya. “Agenda pesta demokrasi ke depan marathon, harus pintar-pintar membagi tugas. Cermati setiap permasalahan, jangan gaduh, cari solusinya sesuai aturan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Panwaskab Bogor, Tri Subiati, mengatakan bahwa pelantikan 40 kasek panwascam ini untuk membantu Panwaskab Bogor dalam persiapan pilkada serentak 2018. Kasek panwascam memiliki tugas memfasilitasi segala kebutuhan panwascam. “Tugas kasek panwascam nanti memfasilitasi pelaksanaan pengawasan di tingkat kecamatan,” ujar Tri kepada Metropolitan.

Selain itu, kasek panwascam memiliki wewenang menyusun program kerja dan anggaran panwascam serta melaksanakan tata kerja, mengelola SDM, keuangan dan barang milik negara. Kasek panwascam dipilih dari golongan PNS setara sekcam.

Komposisinya tiga orang PNS dan empat orang non-PNS. Nanti mereka akan berkoordinasi dengan panwascam,” singkatnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panwaskab Bogor, Ridwan Arifin, berharap kasek panwascam bisa bersinergi dengan panwascam di masing-masing kecamatan. Sebab, keduanya merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi satu sama lain.

Saya berharap tidak ada misskomunikasi. Tidak ada pembagian wilayah kerja, karena semuanya satu kesatuan dan saling bantu satu sama lain,” tandas Ridwan.

(fin/b/ram/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here