News, Sport and Lifestyle

BUDAYAKAN GOTONG – ROYONG, PEMDES BENTENG TINGKATKAN INFRASTRUKTUR

METROPOLITAN – Sebanyak tujuh titik lokasi peningkatan infrastruktur jalan desa (jaldes) dikerjakan bergotong royong antara masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) Cibenteng, Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Adapun, semua pelaksanaan tersebut bersumber dari keuangan dari APBN, Dana Desa (DD) tahap kedua 40 persen sejumlah Rp340.350.000.

Kepala Desa (Kades) Cibenteng Faka Harika mengaku, kekompakan warga yang tersebar di 7 wilayah Rukun Warga (RW), 40 Rukun Tangga (RT) dan didua wilayah dusun tersebut memang sudah berlangsung sejak puluihan tahun silam, sejak berdirinya kantor Desa Cibenteng. “Alhamdulilah, masyarakat sekitar selalu antusias apabila adanya pengerjaan yang bersifat bergotong royong,” ujar Faka kepada Metropolitan kemarin.

Dia menjelaskan, ketujuh lokasi itu diantaranya berlokasi di RW02 yakni pengerjaan pengaspalan hotmix sepanjang 350 meter, lebar satu meter. Sedangkan dilokasi kedua di RW01/04 pengaspalan sepanjang 600 meter, lebar satu meter. “Sementara, untuk betonisasi berada diwilayah RW01/02 dengan panjang betonisasi 200 meter, lebar 2,5 meter, dan di RW03 sepanjang 200 meter dan lebar 2,5 meter,” terangnya lagi.

Selanjutnya, kata Faka kegiatan peningkatan infrastruktur betonisasi berlanjut di RW05/02 dengan panjang 150 meter dan lebar satu meter. “Kami juga melaksanakan pembukaan jalan desa (jaldes) di RW05 yang menghubungkan Dusun I dan Dusun II, dengan lebar jalan empat meter dan panjang 250 meter,” bebernya.

Faka berharap, dengan pelaksanaan penyerapan DD tersebut yang kini tengah dikerjakan bias selesai sesuai jadwal yang sudah berlaku. “Saya berharap, setelah rampung nanti, masyarakat bias ikut serta menjaga dan merawat pelaksanaan kegiatan yang sedang dikerjakan ini,” imbuhnya.

Dilain hal, kata Faka pihaknya tengah pula melaksanakan pembangunan renovasi kantor desa, yang menggunakan bantuan anggaran dari Bantuan Provinsi Jawa Barat (Pemprov-Jabar) sebesar Rp150 juta.

Semoga pengerjaan yang tengah berlangsung ini, dan saat selesai nanti, masyarakat bisa merasa nyaman ketika mengurus segala urusan admintrasi dibalai desa,” pungkasnya.

(yos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *