News, Sport and Lifestyle

Ciptakan Kerukunan, Warga Desa Cibanteng Beton Jaling

METROPOLITAN – Budaya gotong-royong terus diserukan warga Desa Cibanteng, Kecamatan Ciampea. Salah satunya pembangunan jalan lingkungan (jaling) di Kampung Pabuaransawah, RT 03/04. Dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, akhirnya akses penghubung antar-RT bisa dibeton.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cibanteng Sakim Tarmizi mengatakan, jaling di Kampung Pabuaransawah merupakan akses penghubung antar-RT 03 dengan RT 04/04. Sangat pentingnya akses jalan untuk menunjang perekonomian warga, membuat pemerintah desa (pemdes) bersama warga selalu bekerja bakti membangun jalan tersebut. “Jalan di Kampung Pabuaransawah itu tadinya tanah. Tapi karena dapat anggaran dari desa, warga kerja bakti membetonnya,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Sakim, dengan dana dari pemerintah pemdes juga terus menggenjot infrastruktur desa. Mulai dari pengerjaan jaling, jembatan penghubung dua RW serta TPT saluran Cikompeni. “Dengan adanya peningkatan jalan desa, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian warga. Kerukunan antarwarga pun bisa terus tercipta,” katanya.

Sebelum di-TPT, sambung Sakim, rumah warga sering kebanjiran akibat meluapnya susukan Cikompeni. Sesuai usulan masyarakat, pemdes kemudian fokus ke pembangunan TPT sepanjang 300 meter. “Selain agar rumah warga tidak kebanjiran, aliran tersebut juga bisa mengaliri sawah warga,” jelasnya.

Sakim berharap budaya gotong-royong terus dijalankan. Sebab, dengan kerja bakti kerukunan antarwarga tetap terjaga. “Semoga kekompakan warga Cibanteng bisa terus terjalin,” pungkasnya.

 (ads/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *