News, Sport and Lifestyle

Dagang dan Jasa Jadi Idola Desa Banteng

METROPOLITAN – Meningkatkan nilai ekonomi dari hasil produksi olahan makanan, menjadi salah satu point utama yang kini tengah dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) Cibenteng Ciampea Kabupaten Bogor.

Salah satunya, dengan menggenjot hasil UMKM diwilayah tersebut. Kepala Desa (Kades) Cibenteng Faka Harika menjelaskan, memajukan sektor perdagangan dan jasa merupakan hal utama agar masyarakat sejahtera.

Sebab, sektor perdagangan home industri sangat menguntungkan. Sehingga masyarakat bisa semakin mandiri, dan tentunya mengurangi angka pengangguran,” ujarnya kepada Metropolitan.

Dia mengatakan, terdapat beberapa olahan makanan yang diproduksi seperti kue basah dan kripik singkong dengan kemasan yang menarik, dengan tujuan agar adanya nilai jual yang tinggi.

Saat ini, kata Faka pihaknya tengah bekerja sama dengan Mahasiswa Agrisosio IPB, dalam menentukan kemasan makanan dan penjualan makanan yang diproduksi. “Alhamdulilah olahan makan dari Desa Cibenteng sudah terjual sampai ke Siongapore, dan saat itu sekaligus ikut dalam pameran bergengsi,” terangnya.

Lebih jauh dia mengatakan, tak hanya singkong terdapat pula UMKM lain seperti pengelolaan minuman herbal, jahe merah, rempah – rempah, dan jus pala. “Saya berharap, dengan kondisi yang aktif ini, UMKM di Cibenteng bisa semakin maju, untuk membawa nama baik Bumi Tegar Beriman,” pungkasnya.

(yos)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *