News, Sport and Lifestyle

DISDIK SIAPKAN HONOR GURU K2 RP4 MILIAR

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Dis­dik) Kota Bogor menyiapkan honor guru K2 sekitar Rp4 miliar pada tahun anggaran 2018. Artinya, setiap guru akan menerima honor sekitar Rp500.000-Rp600.000 per bulan.

Tak hanya itu, disdik juga akan memberikan tunjangan Rp200.000 per bulan bagi 750 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se- Kota Bogor.

Bahkan, disdik menganggarkan lebih dari Rp2 miliar untuk pelatihan dan peningkatan kompetensi guru TK/SD/SMP di berbagai bidang. Penganggaran ini merupakan bentuk motivasi kepada guru agar tenaga pen­didik itu semakin memaksimalkan tek­nologi dalam belajar mengajar. “Semua anggaran ini diluar dana Bantuan Ope­rasional Sekolah (BOS),” ujar Kadisdik Kota Bogor Fahrudin saat ditemui Met­ropolitan, kemarin.

Fahrudin mengatakan, untuk memper­baharui kompetensi guru dilakukan dari berbagi sisi. Di antaranya pelatihan, menyediakan beasiswa bagi guru PAUD dan tunjangan. Walaupun semua itu si­fatnya hanya membantu.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah memperhatikan kesejahteraan guru lewat APBD,” tuturnya. Selain itu, Fahrudin menjelaskan, keteladanan guru di Kota Bogor yang jumlahnya mencapai 10.000 orang dinilai sudah cukup baik. Meski begitu, penyimpangan guru sekecil apa pun tetap harus jadi perhatian.

“Saya selalu mengingatkan kepada guru-guru jika sedang emosional sebaiknya menghindari anak-anak, berwudu. Me­mang tugas guru sangat berat, membu­tuhkan kesabaran dan keikhlasan,” pung­kasnya.

(tur/ar/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *