News, Sport and Lifestyle

Fokus Siaga Bencana Jelang Akhir Tahun

METROPOLITAN – Selain Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), peran Polisi Masyarakat (Polmas) terbukti sangat vital dalam memberikan informasi, pengawasan, dan tindakan tanggap darurat di berbagai wilayah di Kota Bogor. Pada Musyawarah Anggota Polmas Bogor Raya Wilayah 3 Bogor Selatan (Muspolmaswil) Ke-3 2017, di Aula Kecamatan Bogor Selatan, Minggu (19/11), selain memilih kepengurusan baru untuk 2018-2022, musyawarah kali ini juga fokus dalam antisipasi dan tanggap bencana. Mengingat kini memasuki musim penghujan, apalagi wilayah selatan termasuk wilayah yang rawan bencana.

Anggota Polmas Wilayah Tiga Bogor Selatan Dian Haerudin menuturkan, pada kepengurusan yang baru terpilih ini, diharapkan bisa meningkatkan sinergitas dan organisasi yang baik dalam menjaga kamtibmas di Kota Bogor, khususnya wilayah tiga Bogor Selatan. “Kepengurusan yang baru, semoga tetap menjaga sinergitas dan menjalankan tugas organisasi dengan baik dan amanah, berperan aktif dalam menciptakan suasana kondusif, khususnya di wilayah Bogor Selatan, sesuai dengan marwah-nya, menjaga kamtibmas,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Ia juga mengapresiasi musyawarah tahun ini karena dapat berjalan lancar dan demokratis. “Selamat untuk Kang Defi Herpiana, yang terpilih sebagai Ketua Polmas Bogor Raya Wilayah Tiga masa bakti 2018-2022 ini. Alhamdulillah muspolmaswil kali ini berjalan lancar, menjunjung asas demokrasi, sehingga menghasilkan kata mufakat. Kedepannya, harus terus meningkatkan koordinasi dalam menjaga kamtibmas, termasuk cepat tanggap dalam penanganan bencana, apalagi wilayah tiga ini termasuk wilayah rawan bencana, menjelang akhir tahun alias musim hujan,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia Muspolmaswil ketiga 2017 Dicky Maulana mengungkapkan muspolaswil kali ini sesuai dengan ART Polmas Bogor Raya, dimana setiap empat tahun sekali harus ada pergantian kepengurusan. “Jadi ini tahun ketiga buat wilayah tiga Bogor Selatan, untuk pemilihan kepengurusan yang baru. Memilih ketua yang baru, fokus ke bidang kamtibmas, seperti misalnya tawuran yang kerap terjadi, serta tanggap bencana. Sebagai mitra kepolisian mengamankan wilayah, dengan koordinasi dan respon yang cepat,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Umum Polmas Kota Bogor Darma Eka Aji mengatakan, wilayah selatan memang cukup rawan bencana alam seperti tanah longsor, maka dari itu dirinya bersyukur Polmas wilayah selatan ini punya cukup banyak anggota. “Ada sekitar 90 sampai 100 anggota yang ter-registrasi, dimana jumlah itu termasuk yang paling paling banyak di Kota Bogor, bersama Bogor Barat. Apalagi, wilayah selatan ini memang termasuk rawan bencana, termasuk saat musim hujan seperti ini.

Artinya, peran Polmas, sebagai mitra dalam menjaga kamtibmas sangat vital, untuk selalu siap tanggap saat ada kejadian darurat, segera melaporkan ke pihak terkait, dan pengawasan yang baik untuk hal-hal lain terkait keamanan wilayah,” pungkasnya.

(ryn/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *