News, Sport and Lifestyle

Jalan Veteran Longsor, Badan Jalan Menyempit

Ciawi – Derasnya hujan setiap hari mengakibatkan jalan Veteran desa Teluk pinang mengalami longsor. Hal itu diduga karena tebingan jalan tidak kuat menahan derasnya air hujan yang datang dari parit diatasnya.

Selain terjadi genangan air,akibat longsor badan jalan juga mengalami penyempitan. Dikhawatirkan apabila tidak cepat ditangani,maka lama – lama akan memutus akses jalan.

Keadaan itu disesalkan oleh warga Teluk pinang,seperti yang dituturkan oleh Ahmad (40). Tadinya warga sudah sumringah karena jalan diperbaiki dan kendaraan bisa berjalan lancar. Tapi sekarang malah terjadi longsor. “Longsor lebih bahaya daripada jalan butut,karena salah – salah kendaraan bisa amblas,” katanya.

Banjirnya air yang mengalir dari saluran irigasi ke badan jalan,menurut Juru Pengairan Ciawi Dedi Djunaedi karena saluran terhambat sampah. Sehingga air yang seharusnya lancar,malah terhalang sampah. “Jelas saja saluran irigasi mampet,selain itu penyebabnya adalah semua saluran air dari kampung masuk ke saluran tersebut,sehingga tidak tertampung,” paparnya.

Dia juga mengatakan, pihak UPT Pengairan Ciawi kerap membersihkan saluran agar air bisa berjalan lancar. “Kami sering mengadakan giat pembersihan sampah yang tersangkut disaluran,hal itu dimaksudkan agar air berjalan lancar dan tidak meluber kejalan,” jelas dia.

Senada, Kepala UPT Pengairan Ciawi Eka Sukarna mengatakan,saat ini longsor tersebut akan segera diperbaiki dengan menggunakan dana pemeliharaan. “Tingginya sekitar 4 meter dan panjang 15 meter,mudah – mudahan selesai minggu sekarang,karena matrial untuk perbaikan sudah siap,” jelasnya.

(ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *