News, Sport and Lifestyle

LEUWIRANJI DITUTUP, TRONTON SERBU JALAN CIBUNGBULANG-LEUWILIANG

CIBUNGBULANG – Truk tronton berto­nase besar pengangkut galian C banyak melintas di malam hari. Seperti yang ter­lihat baru-baru ini di ruas Jalan Cibung­bulang-Leuwiliang, tepatnya di sekitaran Desa Cimanggu, Kecamatan Cibungbulang.

Salah seorang sopir tronton yang sering melintas dari Rumpin, Suwandi, mengaku tidak ada jalan lagi selain ruas Jalan Ci­bungbulang-Leuwiliang. Hal itu lantaran adanya penutupan Jembatan Leuwiranji yang sedang masa perbaikan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor yang belum diketahui kapan selesainya. ”Kalau ngirim ke wilayah Kota Bogor dan sekitarnya me­mang suka lewat jalur Leuwiliang, karena tidak ada lagi ruas jalan yang dekat menu­ju lokasi pengiriman,” ujarnya.

Warga Cibungbulang, Iksan Awaludin, memaparkan bahwa banyak truk yang melintasi Jalan Cibungbulang-Leuwiliang di malam hari diduga berasal dari Rumpin. Menurutnya, jika hal ini terus-menurus terjadi akan mengakibatkan kerusakan jalan. ”Saya desak segera cepat bereskan perbaikan Jembatan Leuwiranji. Soalnya banyak yang dirugikan karena bertambah banyaknya truk yang berlalu-lalang yang mengakibatkan munculnya polusi. Tentu ini akan berdampak bagi warga,” ujar Ak­tivis Bogor Barat ini.

Kepala Pospam Leuwiliang Dinas Perhu­bungan Kabupaten Bogor Rizki Endang Septian Parmana membenarkan bahwa truk-truk pengangkut galian C yang melin­tasi Jalan Leuwiliang-Cibungbulang seba­gian besar berasal dari Rumpin. ”Iya benar, banyak yang melintas tronton yang dari Rumpin. Tapi sebagian itu juga pada saat malam hari,” pungkasnya.

(mul/b/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *