News, Sport and Lifestyle

Minimarket Berbasis Syariah Kini Hadir di Kota Bogor

METROPOLITAN – Di tengah pesatnya bisnis ritel di Kota Bogor, kini muncul minimarket Toko Umat yang kental dengan syariat Islam. Selain cara perdagangan sesuai syariat Islam,ada juga hadiah yang diberikan minimarket Toko Umat, mulai dari buku doa hingga perlengkapan salat.

Nama Toko Umat sendiri terinspirasi dari cara investasinya, yaitu berbasiskan umat atau berjamaah dengan ketentuan setiap pemegang saham dibatasi berinvestasi minimal Rp500.000 sampai maksimal Rp5 juta. Selain minimarket,Toko Umat juga giat bergerak memberdayakan Usaha Mikro Kecildan Menengah (UMKM) di wilayah setempat.

Konsultan Minimarket Toko Umat Bisma Negara mengatakan, konsep syariah tergerak dengan menjamurnya usaha minimarket di Kota Hujan. Keuntungan diputar di wilayah minimarket itu buka. “Baru ada dua di Kota Bogor, pertama di Jalan Bangbarung Kecamatan Bogor Utara dan kedua di Kelura layah situ saja,” ujarnya.

Ia melanjutkan, 30 persen produk yang dijual di Toko Umat merupakan produk dari UMKM lokal Kota Bogor. Selain itu, pemegang saham di Toko Umat ini paling banyak memegang 10 lembar saham yaitu Rp5 juta.

Pembagian keuntungan kepemilik pun berdasarkan poin, aktivitas belanja dan nilai saham. Untuk pembagian hasil kepada pemilik saham sebesar 60 persen dari nilai keuntungan Toko Umat agar lebih aman dan bermanfaat, usahaini di bawah naungankoperasi.“Target untuk diBogor membuka100 outletToko Umat dan saat ini baru dua. Khusus di Kota Bogor setiap kelurahan memiliki satu Toko Umat, ”terangnya.

Bisma menuturkan, Toko Umat menjual barang yang dijamin halal. Toko Umat tidak menjual minuman keras dan rokok. Konsepnya juga tidak mematikan warung tradisional, tapi menggairahkan UMKM. “Kami juga membina UMKM penghasil produk makanan atau yang lainnya yang layak dijual di Toko Umat. Toko Umat juga bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor untuk modal usaha pinjaman dari dana wakaf,” pungkasnya.

(inl/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *