News, Sport and Lifestyle

Pemkab bakal Bahas Jam Operasional Truk Tambang

RUMPIN – Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar menanggapi soal jam operasional atau jam tayang bagi kendaraan truk tronton yang melebihi tonase.

Adang mengatakan, adanya jam operasional atau jam tayang di Kecamatan Rumpin Parungpanjang dan Gunungsindur merupakan salah satu penataan arus lalu lintas yang juga diinginkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriyawan. ”Iya Bapak Gubernur saat di Gunungsindur kemarin menginginkan adanya jam tayang untuk pengaturan jalur truk tronton. Dan dia minta langsung kepada saya,” kata Adang saat sidak perbaikan jalan di Rumpin, Sabtu (11/11).

Menurut dia, dubernur meminta agar menyampaikan langsung ke Bupati Bogor Nurhayanti untuk segera melakukan evaluasi, termasuk membahas jam tayang atau jam oprasional truk tronton. “Kami akan sampaikan dulu ke Bapak Gubernur, seperti apa nanti menyikapinya. Kami akan mempertimbangkan dari berbagai faktor, tidak hanya satu sisi tapi berbagai sisi. Nanti kita akan melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,” tukasnya.

Menanggapi hal itu, Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) PAC Parungpanjang menyambut baik rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor untuk membahas jam tayang operasional truk di wilayah Kecamatan Parungpanjang, Rumpin dan Gunungsindur. “Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan,” kata Ketua PAC GP AnsorAhmad Suaidi kepada Metropolitan,kemarin.

Ia mengatakan, GP Ansor akan terus mengawal segala kebijakan pemerintah. Sebab, tronton seringkali menjadi penyebab polusi udara bahkan kecelakaan yang kerap menelan korban luka-luka atau meninggal dunia. “Masyarakat mau menunggu apa pun langkah pemerintah asalkan menunggu sesuatu yang besar dan pasti,” katanya.

Ia berharap semoga pemerintah tak hanya dapat memberikan alternatif dari persoalan ini, tapi juga solusi konkret agar masyarakat Kecamatan Parungpanjang tak lagi waswas akan musibah kecelakaan di jalan raya dan tercemarnya polusi udara akibat debu yang disebabkan jalan rusak.

(sir/b/sal/py)

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *