Penentuan Pendamping AY, PKS Keukeuh dengan Gerindra

by -11 views

 

METROPOLITAN – Kabar Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bogor Iwan Setiawan bakal mendampingi bakal calon (balon) bupati Bogor 2018 yang diusung PPP, Ade Yasin (AY), ditanggapi dingin mitra koalisinya yaitu PKS. Balon bupati Bogor 2018 dari PKS, Wasto Sumarno, menganggap koalisi PKS dengan Gerindra masih tetap berlanjut dan belum ada keputusan terkait figur yang akan diusung. “Mohon dicatat bahwa Mei lalu kami (PKS, red) sudah deklarasi koalisi dengan Gerindra di atas materai dengan pekikan takbir, dengan pekikan merdeka dan tertuang tanda tangan bersama. Sampai hari ini tidak ada pernyataan berpisah. Dan kami selalu menjaga kesatuan, kebersamaan,” kata Wasto kepada Metropolitan, kemarin.

Terkait kemungkinan Gerindra gabung dengan PPP, lelaki yang juga anggota DPRD Kabupaten Bogor ini mengatakan, ketika ada figur yang mau bergabung harus dibicarakan bersama PKS. Di luar itu, komunikasi politik dengan partai politik (parpol) lain ataupun figur dianggap sah-sah saja. “Ketika ada figur yang mau bergabung harus dibicarakan berdua, itu diktumnya. Kalau komunikasi politik sah-sah saja, PKS pun komunikasi dengan figur dan partai lain. Tapi apa pun yang terjadi harus dibicarakan dulu karena kita mengedepankan ikatan perjanjian yang telah dibuat,” paparnya.

Saat ditanya kemungkinan PKS ikut bergabung atau berpisah dengan Gerindra ketika mengusung AY, Wasto belum bisa memastikan. Sejauh ini dirinya tetap yakin Gerindra akan bersama PKS. “Sampai hari ini tidak begitu, masih terlalu jauh untuk ke situ,” jelas Wasto.

Saat ini, Wasto mengaku PKS sedang mendengar masukan-masukan dari pala ulama, kiai, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan LSM. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui apa yang diinginkan masyarakat Kabupaten Bogor sehingga PKS bisa menentukan sikap di pemilihan bupati (pilbup) Bogor 2018. “Kami tidak bicara akan membuat gerbong baru atau melawan ini dan melawan itu, yang jelas silaturahmi terus berjalan. Ke parpol sudah, sekarang tinggal ke tokoh dan figurnya,” tandasnya.

Sebelumnya, nama Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bogor Iwan Setiawan santer terdengar bakal mendampingi balon bupati Bogor 2018 yang diusung PPP, Ade Yasin (AY). Tim pemenangan AY pun mengakui Iwan Setiawan merupakan salah satu nama yang diusulkan untuk mendampingi AY maju di pilbup Bogor 2018.

Namun selain Iwan, ada beberapa parpol lain yang juga mengajukan nama seperti Gerindra dengan Iwan Setiawan. PKB dengan mengajukan Ketua DPC-nya Edwin Sumarga dan Tomi Kurniawan, Nasdem dengan Ketua DPD-nya Laode Albert Pribadi dan beberapa nama lain serta Demokrat. Sementara PKS dikabarkan belum mengusulkan nama lantaran harus ada beberapa keputusan dari DPW dan DPP-nya terlebih dulu.

(fin/b/ram/run)