News, Sport and Lifestyle

Sungai Cibuni Tegalbuleud Meluap, Rumah Warga Terendam Banjir

METROPOLITAN – Luapan Sungai Cibuni merendam puluhan rumah di Kampung Bu­nisari, Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Selasa (28/11/). Keting­gian air mencapai setinggi dada orang de­wasa atau satu meter. Hingga sore ketinggian air mulai menyurut dan tinggal 20 sentimeter. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Menurut Ketua RT 01/02, Bunisari Ateng, menyebutkan bahwa bencana banjir ini sudah menjadi langganan. Apalagi sejak dua hari kemarin hujan turun tiada henti. Beberapa permukiman warga, pertokoan serta jalan penghubung provinsi antara Cidolog-Tegalbuleud terendam tidak bisa dilewati. “Yang terendam di Kampung Bu­nisari 12 rumah dan Kampung Cibangoak empat rumah,” jelasnya.

Sementara Camat Tegalbuleud Asep Mau­ludin Hidayat yang langsung turun ke la­pangan menuturkan, banjir ini akibat me­luapnya Sungai Cibuni tidak mampu me­nampung volume air hujan yang turun sejak kemarin. Belum lagi akibat pendang­kalan aliran sungai. “Air dari hulu tidak tertampung, sehingga air dari sungai meluap dan melimpah ke rumah warga,” kata Asep.

Untuk sementara dilaporkan tidak ada korban jiwa dan sejak sore kemarin air sungai sudah surut. Warga pun sudah kem­bali ke rumahnya. “Kerugian masih dalam pendataan dan petugas gabungan masih fokus mengevakuasi warga yang ingin men­gungsi ke tempat yang lebih aman,” terang­nya.

(hep/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *