News, Sport and Lifestyle

BPTJ Buka Jalur Alternatif Baru Jonggol-Puncak

METROPOLITAN – Persoalan macet ini juga dirasakan pengendara di Kawasan Puncak, Bogor. Tiap liburan, jalur ini selalu dipadati wisatawan hingga kendaraan yang menu­ju Puncak kerap mengular hingga berjam-jam.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) ber­koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan jalur alternatif menuju Puncak via Jonggol.

”Jadi memang jalur Puncak padat. Kami dari BPTJ akan bekoordinasi dengan Kementerian PUPR. Itu dari Jonggol nanti ketemu setelah di Puncak Pass,” ujar Kepala BPTJ Bambang Prihartono.

Bambang mengatakan, untuk rekayasa lalinnya sudah ada menggunakan jalan kampung yang belum banyak diketahui orang. ”Untuk re­kayasa lalu lintas sudah cukup banyak orang ke Puncak, jalurnya sudah ada tapi jalan­nya jalan lokal (kampung, red),” katanya.­

Sekadar diketahui, Jumat (1/12) libur panjang akhir pekan membuat lalu lintas dari Jakarta menuju Puncak macet. Kemacetan tersebut mengular hingga tujuh kilo­meter. Sejak pukul 05:30 WIB sudah dipenuhi kendaraan para wisatawan yang ingin berlibur.

Polisi pun dikerahkan guna mengurai kemacetan. Ter­masuk memberlakukan sistem one way. Yakni dengan menutup kendaraan yang menuju Jakarta di Puncak Pass dan Cianjur pada pukul 07:30 sampai 13:00 WIB dan sebaliknya menutup laju menuju Puncak pada pukul 13:00 sampai 18:30 WIB.

Sementara di Kota Bogor, Satlantas Polresta Bogor Kota mencatat pergerakan ken­daraan roda empat yang masuk Bogor dari gerbang Tol Jago­rawi sebanyak 14.502 unit.

”Jumlah kendaraan yang masuk Bogor dari Tol Jago­rawi cukup banyak 14.502 kendaraan. Sedangkan yang bergerak keluar arah Jakarta hanya 8.437 kendaraan,” ung­kap Kepala Bagian Operasi (KBO) Lantas Polresta Bogor Kota Iptu Budi Suratman.

Kepadatan lalu lintas di Kota Bogor juga imbas dari padatnya jalur Puncak. Ba­nyak kendaraan yang selesai berlibur di vila bergerak menuju Kota Bogor untuk berwisata kuliner. Satlantas Polresta Bogor menggerakkan seratus personel yang men­gatur lalu lintas selama 24 jam. Petugas dibagi dalam dua shift, yakni dari pukul 06:00 sampai 14:00 WIB se­banyak 50 orang dan dari pukul 14:00 sampai 00:00 WIB sebanyak 50 orang.

(de/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *