News, Sport and Lifestyle

KADES DIGEMBLENG SOAL PENGALOKASIAN ANGGARAN

CIGOMBONG- Kepala desa (kades) se- Kecamatan Cigombong mengikuti sosialisasi kapasitas kades yang dilaks­anakan Tim Empat Dinas Pemberdaya­an Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor.

Sosialisasi ini dibuka Sekretaris Camat (Sekcam) Cigombong Fikri Ikhsani. Dia mengatakan, kegiatan ini untuk mem­berikan pengetahuan tambahan bagi kades mengenai segala hal yang meny­angkut program pemerintah pusat dan daerah.

”Kejaksaan dan Inspektorat Kabupaten Bogor ikut menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Tujuannya agar para kades tidak bingung dan berbenturan dengan hukum ketika mengalokasikan anggaran bantuan dari pemerintah pusat dan dae­rah,” beber Fikri.

Setelah sosialisasi ini, sambung Fikri, tidak ada temuan yang melibatkan ka­des yang berurusan dengan hukum terkait pengalokasian anggaran. Tak hanya itu, kades juga digojlok pem­buatan laporan pertanggungjawaban atas anggaran yang telah digelontorkan. “Tak sedikit dari mereka yang belum memahami pembuatan pelaporan,” katanya.

Sementara itu, Kades Ciburuy Iwan Sofwan Zaqi menuturkan, sosialisasi ini sangat dibutuhkan kades. Sehingga pi­haknya tercerahkan dengan aturan yang berlaku saat menggunakan anggaran bantuan pemerintah. “Kami semakin mengerti mengenai tugas yang kami emban. Terlebih kami dibebani dengan pengalokasian anggaran yang diberikan,” tutupnya.

(nto/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *