News, Sport and Lifestyle

KADISDIK: PENDIDIKAN KARAKTER LEBIH PENTING

METROPOLITAN – Kepala Dinas Pendidi­kan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin menging­atkan tenaga pendidik, baik tingkat SD mau­pun SMP, selalu mengutamakan pembangu­nan karakter yang berlandaskan kepribadian anak. Terlebih, dalam dunia pendidikan hal itu lebih penting dibandingkan nilai akade­mis atau kecerdasan intelektual.

“Kecerdasan akan membawa pada keme­nangan, tetapi kejujuran akan membawa pada kemuliaan,” ujarnya. Oleh karena itu, sambung Fahrudin, para guru sebagai te­naga pendidik harus menunjukkan teladan yang baik kepada para siswa. Bahkan, kom­petisi diperlukan untuk memotivasi siswa, namun karakter jauh lebih penting. Selain itu, setiap pendidik juga harus profesional agar bisa mendampingi tumbuh kembang potensi setiap peserta didik.

“Saya berharap semangat pendidik untuk memberikan pelayanan terbaik terus me­nyala,” bebernya. Fahrudin menjelaskan, dunia pendidikan selama ini sudah mengembangkan dan melaksanakan nilai pembentuk karakter melalui program ope­rasional satuan pendidikan masing-masing.

“Pendidikan yang diterapkan di sekolah menuntut untuk memaksimalkan kecakapan dan kemampuan kognitif. Tapi, pendidikan karakter sangat penting. Artinya sebagai penyeimbang kecakapan kognitif,” katanya.

”Sama juga artinya bahwa pendidikan kog­nitif tanpa pendidikan karakter adalah buta. Hasilnya, karena buta tidak bisa berjalan, berjalan pun asal nabrak. Kalaupun berjalan dengan tongkat tetap akan berjalan lambat,” sambungnya.

Sebaliknya, pengetahuan karakter tanpa pengetahuan kognitif akan lumpuh. Sehing­ga mudah disetir, dimanfaatkan dan diken­dalikan orang lain. Untuk itu, ia mengingat­kan penting artinya tidak mengabaikan pendidikan karakter anak didik. Sebab, pen­didikan karakter pendidikan menekankan pada pembentukan nilai-nilai karakter pada anak didik.

(tur/ar/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *