News, Sport and Lifestyle

KOTA BOGOR BEBAS PENYAKIT DIFTERI

METROPOLITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menyebutkan wilay­ahnya aman dari penyakit difteri yang di­nyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per November. Difteri merupakan infeksi saluran pernafasan yang disebabkan bak­teri.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Rubaeah menjelaskan, hingga saat ini dirinya belum menemukan kasus penya­kit difteri. ”Semoga sampai ke depannya juga nggak ada,” ujarnya.

Nihilnya kasus difteri di Kota Bogor, kata Rubaeah, bukan tanpa sebab. Sosialisasi dan implementasi penyuntikan imunisasi yang merata serta tersebar membuat difteri tak terjadi di Kota Hujan. Rubaeah melihat ke­patuhan masyarakat menjadi kunci keber­hasilan ini. ”Dengan imunisasi, sejak anak-anak masyarakat sudah diberi kekebalan tubuh yang baik. Sehingga difteri tidak dite­mukan di Kota Bogor,” terangnya.

Untuk menarik minat dan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap imuni­sasi, Rubaeah menjelaskan, pihaknya melakukan pendekatan yang lebih perso­nal. Tak sekadar sosialisasi di posyandu, tapi juga dari rumah ke rumah. Selain itu, Rubaeah menuturkan bahwa Kota Bogor yang terbilang kecil semakin memudahkan implementasi imunisasi. ”Kami jadi mudah menjangkau masyarakat,” pungkasnya.

(re/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *