News, Sport and Lifestyle

Peduli Sampah, Kades Mekarsari Luncurkan Program Arisan Kebersihan

Sebagai salah satu bentuk kepe­dulian terhadap permasalahan sampah, Kepala Desa (Kades) Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, luncurkan program ’Arisan Kebersihan’. Program yang mengambil tema ’Desa Mekarsari Ngabebenah Lembur Cikal Bakal Mempersatu­kan Warga’ itu digulirkan Pemerin­tah Desa (Pemdes) Mekarsari ke seluruh RW-nya.

KADES Mekarsari Iwan Ridwan men­gatakan, program tersebut terinspirasi dari niat memperkuat persatuan dan kesatuan antarwarga di desanya. Sebab, arisan ini melibatkan segenap warga, RT, RW dan para tokoh. Apalagi perma­salahan sampah saat ini menjadi salah satu musuh terbesar sehingga perlu meningkatkan kepedulian warga untuk menjaga kebersihan di lingkungannya. “Ya jelang dua tahun akhir masa jabatan saya, tentunya program ini harus tetap dilestarikan sehingga ke depannya De­sa Mekarsari terbebas dari sampah,” paparnya.

Menurut Iwan, arisan yang selama ini identik dengan uang, dan politik. Namun bagi Iwan Ridwan, ini merupakan sebuah formula kepedulian yang berwujud nga­bebenah lembur (merapikan kampung, red). “Ini tidak ada muatan politik, tapi ini merupakan murni sebuah program arisan kebersihan yang bertujuan untuk mem­persatukan warga,” ucapnya.

Sementara Camat Cicurug Agung Gu­nawan mengaku takjub atas program arisan kebersihan yang digagas Kades Mekarsari. Menurutnya, arisan kebersihan ini pertama kali diimplementasikan Kades Mekarsari dan menjadi contoh untuk daerah-daerah lainnya. ”Saya mengapre­siasi program arisan kebersihan yang digagas pertama kalinya oleh Kades Me­karsari ini,” paparnya.

(hid/hep/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *