News, Sport and Lifestyle

PERUBAHAN MUSIM TAK MENENTU, MASYARAKAT HARUS WASPADA

Situasi dan kondisi serta perubahan musim yang tidak menentu, memun­gkinkan wilayah Kabupaten Suka­bumi rentan terjadi bencana. Bupati Sukabumi H Marwan Hamami meminta semua unsur masyarakat dan pemerintahan harus membuka mata serta kewaspadaan dalam mengantisipasinya.

“ADANYA perubahan musim yang tidak menentu ini diharapkan agar semua pihak dapat meningkatkan kewaspadaannya,” ujar Marwan usai membuka penguatan peningkatan kapasitas satgas dan relawan penanggulangan bencana dalam penanga­nan tanggap darurat Kabupaten Suka­bumi, kemarin.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjut Marwan, perlu adanya persiapan dan kesiagaan pemerintah daerah dalam me­nanggulangi dan memberikan pertolong­an terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana alam tersebut. Relawan yang cakap, efektif dan efisien dalam penanggulangan bencana merupakan sumber daya yang sangat dibutuhkan. Tetapi untuk membentuk relawan yang dibutuhkan, diperlukan pelatihan dan pengalaman. “Sehingga para relawan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik di lokasi bencana,” pungkasnya.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Maman Suherman menyampaikan bahwa kegiatan yang digelarnya itu diikuti sera­tus relawan dari 47 kecamatan dengan tujuan meningkatkan kerja sama antara BPBD dengan relawan lintas komunitas.

(hep/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *