News, Sport and Lifestyle

Stadion Pajajaran Mulai Direnovasi Awal 2018

METROPOLITAN – Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia terus berbe­nah menyukseskan hajatan empat tahunan tersebut. Meski terpusat di Jakarta dan Palembang, nyatanya Kota Bogor sebagai penyangga ibukota ’ikut repot’ meme­riahkan pesta olahraga se-Asia itu.

Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, ditunjuk sebagai salah satu venue Asian Games untuk cabang olahraga. Dampaknya, sta­dion kebanggaan warga Kota Hujan, Stadion Pajajaran bakal jadi tempat latihan tim-tim yang akan berlaga di Ci­binong. Lantaran kondisinya sudah jelek, Stadion Pajajaran pun bakal direnovasi untuk mendukung kesuksesan Asian Games 2018.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mema­parkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah berko­ordinasi dengan panitia pelaks­ana Asian Games 2018 yang menjadikan Stadion Pajajaran sebagai venue latihan tim-tim peserta, terutama tim yang akan bertanding di Stadion Pakansari, Cibinong.

“Nantinya yang main di Pakansari akan menggunakan Stadion Pajajaran sebagai tempat latihan, karena loka­sinya tidak jauh (dari Stadion Pakansari, red). Informasi terakhir, sedang dilelang Ke­menterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” katanya.

Pria 44 tahun ini menam­bahkan, kemungkinan besar renovasi Stadion Pajajaran akan dimulai awal 2018. Se­mua kebutuhan terkait kua­litas lapangan, tribun hingga ruang ganti pemain akan disediakan dan dikerjakan Kementerian PUPR. ”Tidak banyak kok (yang direnovasi, red). Yang paling vital tentu rumput lapangan, tribun dan kamar ganti. Untuk anggaran dan lainnya dari kemente­rian ya. Kita tunggu saja, so­alnya masih dilelang. Mudah-mudahan tidak gagal lelang supaya Desember ini bisa dikerjakan, jadi Juni atau Juli nanti sudah rampung,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pe­muda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor Eko Prabowo mengaku senang dengan kabar renovasi tersebut. Pasalnya, pemkot sempat berharap sta­dion yang digunakan sebagai kandang tim PSB Bogor itu diperbaiki menggunakan dana Bantuan Provinsi (Ban­prov) Jawa Barat namun gagal tahun ini. ”Kami juga kan aju­kan ke pusat. Sekarang renca­nanya untuk menunjang ke­butuhan sarana-prasarana latihan Tim Asian Games 2018 yang bermain di Pakansari, semua anggarannya dari pusat,” ungkap Danjen, sapaan akrab­nya.

Pada 2018, Danjen menam­bahkan, Dispora mengajukan anggaran Rp655 miliar lewat Banprov Jabar dan APBD Kota Bogor sekitar Rp75 mi­liar. ”Tapi kalau di APBD kita, tidak lolos. Kini ada dari pu­sat, kami syukuri meski tidak rombak total. Pemkot sudah punya Detail Engineering De­sign (DED) untuk renovasi. Di antaranya rencana tujuh lan­tai dengan lapangan sepak bola berstandar Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) dan dunia (FIFA) menggunakan rumput sintetis. Kapasitas penonton 8.000 orang di tribun barat dan timur. Akan ada juga lahan parkir yang mampu menam­pung 383 mobil dan 2.778 sepeda motor,” terangnya.

Sekadar diketahui, Asian Games 2018 akan digelar pada 18 Agustus-2 September 2018. Hajatan ke-18 ini akan diikuti 45 negara se-Asia dan diperkirakan 15.000 atlet turut serta pada 490 pertan­dingan dari 44 cabang olah­raga.

(ryn/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *