Warga Binaan Belajar Agama Islam dan Membaca Alquran

by -

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sukabumi menghadirkan pesantren Albarokah untuk warga binaan pemasyarakatan. Keberadaan pesantren ini sebagai tempat bagi warga binaan untuk mempelajari agama Islam dan belajar membaca Alquran.

JUMLAH warga binaan Lapas Kelas IIB Sukabumi mencapai sebanyak 456 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 452 orang diantaranya beragama Islam. Para penghuni lapas dapat belajar agama Islam dari para ulama yang rutin datang ke lapas terutama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi.

Kasi Binadik dan Kegiatan Lapas Kelas II B Sukabumi, Tahar Abdul Syukur, mengatakan setiap harinya warga binaan di lapas mengisi kegiatan keagamaan di dalam lapas. Setiap Senin hingga Kamis sekitar pukul 08.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB mereka belajar membaca Alquran yakni Iqro. Sebab banyak penghuni lapas yang belum bisa membaca Alquran dengan baik dan benar.

Untuk belajar mengaji ini, para warga binaan dibagi ke dalam enam kelompok setiap harinya. Satu kelompok pengajian ini terdiri atas dari 10 hingga 12 orang anggota. Tahar menerangkan, selepas Dzuhur, warga binaan biasanya belajar qiroat. Selanjutnya selepas salat Ashar warga binaan melakukan tadarus Alquran. Khusus pada Kamis para warga binaan menggelar yasinan pada malam hari.

Lapas Sukabumi juga tidak lepas dari kegiatan keagamaan. Contohnya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (7/12) lalu. Kegiatan tersebut digelar sebagai upaya untuk mengajak penghuni lapas meneladan Rasulullah SAW.

Dalam kegiatan tersebut hadir Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, dan perwakilan dari Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Fahmi mengatakan, momen peringatan Maulid Nabi dapat menjadi momentum untuk berubah dan mencontoh akhlak Nabi Muhammad SAW. Ia berharap warga binaan bisa mencontoh dan meneladani perilaku Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut wakil wali kota menyerahkan bantuan lima mushaf Alquran untuk Pesantren Albarokah yang berada di lingkungan Lapas Kelas IIB Sukabumi. Keberadaan Alquran sebagai pedoman hidup umat Islam ini dapat dibaca, dipahami kandungannya serta diamalkan dalam kehidupan.

(rig/reo/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *