News, Sport and Lifestyle

Wow! Anggaran Baju Linmas Capai Rp13 Miliar

METROPOLITAN – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), anggota Perlin­dungan Masyarakat (Linmas) di 432 desa dan kelurahan di 40 kecamatan tahun depan bakal mendapatkan Pakaian Dinas Lengkap (PDL) plus aksesorinya. Pembe­lian seragam linmas tersebut dilakukan, setelah Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengalokasikan dana Rp13 miliar dalam APBD 2018 yang baru disahkan Kamis (30/11).

Anggota Komisi I DPRD Junaidi Syam­sudin menuturkan, peran linmas dalam menjaga suasana kondusif di tengah ma­syarakat, termasuk jelang Pilkada, Pilgub dan Pileg, sangat vital. “Jadi sudah sepan­tasnya mereka diberikan perhatian dan seragam dinas baru,” ujarnya

Junaidi menjelaskan, data yang diterima total anggota linmas se-Kabupaten Bogor ada sekitar 14.000 orang. Untuk seragam PDL baru akan diberikan satu bulan jelang pemungutan suara pilkada. ”Pembelian seragam PDL linmas dianggarkan Rp13 miliar. Sedangkan pengadaannya dititip­kan di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), karena instansi penegak perda ini merupakan pembina linmas,”katanya.

Ia berharap pengadaan ini dilelangkan awal tahun agar uang Rp13 miliar bisa langsung dirasakan warga Kabupaten Bogor. Siapa pun pemenang lelang wajib hukumnya melibatkan pelaku UMKM kepala Satuan Polisi Pamong Praja juga ikut mengawasi proses pembuatan seragam agar dari sisi kualitas sesuai anggaran yang dikeluarkan. ”Pokoknya jangan sampai kasus di awal 2000-an terulang, makanya kasatpol PP tak bosektor konveksi. Selain itu, leh lepas tangan,” katanya.­

Terpisah, Kepala Satpol PP Herdi membenarkan SKPD yang dipimpinnya ketitipan anggaran pengadaan seragam PDL baru untuk anggota lin­mas. Pengadaan seragam PDL baru usulan dari kecamatan ini karena secara rantai komando camat. Jika Satpol PP sebatas pembina.

”Kami awalnya menolak di­titipkan anggaran itu, tapi ka­rena ada aturan di mana ang­garan untuk pengadaan satu jenis barang dalam jumlah banyak tak boleh dipecah akhir­nya menerimanya,” ujarnya.

Karena seragam PDL akan digunakan saat pengamanan pilkada, tambah Herdi, ma­ka proses pelelangannya akan dilaksanakan awal tahun.

”Sebanyak 14.000 seragam dengan aksesorinya adalah jumlah yang sangat banyak, maka dibutuhkan penyedia jasa yang profesional agar pengadaan seragam selesai tepat waktu,” pungkasnya.

(ads/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *