Link Banner

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI era Soeharto, Daoed Joesoef telah berpulang ke pangkuan Ilahi. Kemarin, lelaki yang sempat dirawat di Rumah Sakit Medistra Jakarta Selatan, dimakamkan secara militer di Taman Pemakaman Umum (TPU) Giritama Bogor, Jalan PWRI, Tonjong, Bogor, sekitar pukul 13.30 WIB. Tanah itu rupanya sudah disiapkan lebih dulu oleh almarhum.

Daoed Joesoef meninggal dunia pada usia 91 tahun karena sakit jantung yang telah lama dideritanya. Dia meninggal di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan, Selasa, (23/1) malam setelah menjalani perawatan sejak Sabtu (20/1) pekan lalu. Sebelum dimakamkan di TPU Giritama Bogor, jenazah disemayamkan di rumah duka.

Menantu Daoed Joesoef, Bambang Pharmasetiawan, menceritakan detik-detik sebelum mertuanya menghembuskan napas terakhirnya. Almarhum menghembuskan nafasnya setelah cicitnya membisikan kepadanya bahwa keluarga sudah ikhlas.

“Sekitar 1,5 jam sebelum meninggal, cicitnya membisikkan bahwa keluarga sudah ikhlas. Setelah itu bapak (Daoed) berpulang,” kata Bambang saat ditemui di rumah duka, di Jalan Bangka VII Dalam Nomor 14, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (24/1).

Bambang menceritakan, mertuanya yang lahir pada 8 Agustus 1926 menderita penyakit jantung sejak usianya 73 tahun. “Jantung Bapak sudah dipasang ring,” ujarnya.

Menurut Bambang, sebelum meninggal, mertuanya meminta untuk dikuburkan di Pemakaman Giri Tama. Bahkan, almarhum telah menyiapkan tanah kuburannya untuk jadi tempat peristirahatan terakhir dirinya dan sang istri.

“Bapak sudah beli untuk pemakaman Ibu juga nantinya, karena semua orang juga pasti kembali nantinya,” ujarnya.

(tem/feb)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here