Bawaslu Minta Pemda Tertibkan Poster Balon yang Gagal Maju

by -4 views

METROPOLITAN – Meski gagal maju di Pilgub Jawa Barat, poster sejumlah figur bakal calon masih bertebaran di jalan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar pun meminta pemerintah daerah (Pemda) setempat menertibkan alat peraga kampanye tersebut.

Pilgub Jabar hampir pasti diikuti oleh empat pasangan bakal calon, yaitu Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (Rindu), Deddy Mizwar- Dedi Mulyadi (Dua DM), Sudrajat – Ahmad Syaikhu (Asyik) dan TB Hasanuddin – Anton Charliyan (Hasanah).

Sekedar diketahui, alat-alat peraga kampanye masih bertebaran di sejumlah titik. Padahal figur-figur tersebut gagal maju di sebagai bakal cagub dan cawagub Jabar. Misalnya poster Ridwan Kamil dan Maman Imanulhaq. Padahal, saat ini Ridwan Kamil berpasangan dengan Uu. Ada juga poster Iwa Karniwa yang tidak jadi maju lantaran tidak diusung partai manapun. “Kalau sekarang harus dibersihkan oleh pemerintah daerah. Baik itu pemprov atau pemda kabupaten dan kota,” kata Ketua Bawaslu, Herminus Koto, kemarin.

Menurutnya, saat ini Bawaslu Jabar belum punya kewenangan untuk menindak alat peraga kampanye. Sebab, KPU belum menetapkan pasangan calon yang akan bertarung di Pilgub Jabar. “Bawaslu bisa menindak setelah ditetapkan. Sekarang juga bisa menindak lebih ke administratif dulu,” ucap dia.

Dirinya menambahkan, alat peraga kampaye yang bertebaran saat ini berbeda dengan bakal calon terdaftar di KPU saat ini. Sehingga, sudah seharusnya ditertibkan jelang masa kampanye nanti. “Kalau ada izin kemudian ditetapkan (KPU), pasangannya beda kan berarti tidak boleh (terpasang lagi),” ujar Koto.

(det)

Loading...