News, Sport and Lifestyle

BI Salurkan Bantuan Empat Keramba Jaring Apung

Bank Indonesia (BI) menunjukkan komitmenya untuk memajukan sektor kemaritiman dengan memberikan bantuan berupa empat Karamba Jaring Apung kepada kelompok nelayan sinar laut kidul. Bantuan itu juga diberikan sebagai wujud dukungan terhadap program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi yang menitik beratkan pada pembangunan keunggulan kompetitif, SDM dan Iptek.

Bantuan tersebut sebagai bagian dari Program Sosial Bank Indonesia, yang diserahkan secara langsung Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat, didampingi Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Anggota DPR RI Komisi XI Dapil Jabar Heri Gunawan, di Pendopo Palabuhanratu, Kamis (11/01).

Dalam sambutannya, bupati mengharapkan para nelayan yang kesejahteraannya belum memadai agar bangkit dan dapat meningkatkan kesejahteraannya melalui diversifikasi usaha pengembangan teknologi ikan. Salah satu caranya melalui budidaya ikan laut dalam karamba jaring apung. “Kita akan melakukan diversifikasi usaha perikanan sehingga tidak hanya menangkap saja tetapi bagaimana mereka diberdayakan lewat budidaya yang tidak bertentangan dengan kebijakan Kementrian Kelautan dan Perikanan,” jelas Marwan.

Pemkab Sukabumi beserta nelayan dan pengusaha yang bergerak pada sektor kelautan juga masyarakat pesisir, menurut Marwan sangat berharap terhadap pengembangan kelompok-kelompok usaha perikanan. Karena memang diakui hal tersebut merupakan kunci keberhasilan pembangunan perikanan dan penumbuhan ekonomi kawasan di Kabupaten Sukabumi.

Di tempat yang sama, Kepala Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Provinsi Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat, mengharapkan agar bantuan yang direalisasikannya itu dapat mendorong kinerja Kelompok Budidaya Perikanan Sinar Laut Kidul. “Diharapkan bantuan ini akan mampu menghasilkan hasil budidaya biota laut yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi,” harap dia.

(hep/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *