News, Sport and Lifestyle

Camat Cicurug Bentuk Tim Percepatan Pencairan ADD

METROPOLITAN – Intruksi Camat Cicurug, Agung Gunawan, yang meminta semua desa yang ada di wilayahnya menyelesaikan pembuatan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Des) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), langsung direspon tim percepatan penyusunan. Tim tersebut dibentuk untuk membantu percepatan penyusunan RKPDes dan APBDes. Hal ini agar memperlancar pengucuran anggaran yang telah disiapkan pemerintah guna mengentaskan pembangunan di 12 desa di Kecamatan Cicurug. “Sifatnya hanya pengendalian, dimana dalam tugasnya melibatkan seluruh kepala seksi dan staf sebagai wujud terjaminnya sinergitas,” ujar Koordinator Tim Percepatan Pencairan Anggaran Desa, Sugiman.

Menurut Sugiman, tim tersebut terbagi menjadi dua yang setiap timnya membawahi enam desa. Hal ini untuk mempernudah pertanggungjawaban yang diketuai camat, Ketua Tim I Sugiman (Sekcam) dan Ketua Tim II Purnama Giri (Kasi Sarpraswil). “Tim ini dibentuk dengan harapan seluruh desa bisa memanfaatkan anggaran yang telah tersedia,” ujar Sugiman.

Hal yang sama disampaikan Ketua Tim II, Purnama Giri. Sebelumnya camat juga telah membentuk Tim Binwas (Bimbingan dan Pengawasan) yang kemudian ditindak lanjuti dengan pembentukan tim percepatan penyusunan RKPDes dan APBDes. Sebab Kecamatan Cicurug sebagai pintu gerbang Utara Kabupaten Sukabumi harus mampu mendorong desa melakukan percepatan dalam semua bidang.

Sejauh ini, lanjut Purnama, seluruh desa di Kecamatan Cicurug telah dibimtek sistem keuangan desa (siskeudes), sehingga memudahkan melakukan pembinaan dan pengawasan. Kedepannya, selain melibatkan seluruh seksi juga akan dilibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) dan Bhabinkamtibmas. “Dengan begitu sinergitas semuanya akan terlihat,” pungkasnya.

(hid/hep/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *