EDGAR SEMATKAN PIN NGABOGOR KE STS

by -

METROPOLITAN – Ada yang berbeda dalam kegiatan milangkala ke-252 Perguruan Silat Sabandar Karimadi Kota Bogor, kemarin. Terlihat ada dua kandidat bakal calon wali kota dan wakil wali kota Bogor yang menghadiri kegiatan di lapangan Indraprasta, Kecamatan Bogor Utara itu. Yakni cawalkot dari jalur perseorangan Edgar Suratman dan cawawalkot Sugeng Teguh Santoso dari PDI Perjuangan dan PKB Kota Bogor.

Keduanya terlihat guyub dalam pertemuan ini. Bahkan tak disangka Edgar yang juga sesepuh Karukunan Warga Bogor (KWB) memberikan penghargaan dengan menyematkan pin Ngabogor ke lelaki yang akrab disapa STS itu. “Khusus bagi STS, saya sengaja memberikan apresiasi karena ia memiliki kontribusi besar dan kepedulian dalam memelihara serta mengembangkan budaya bangsa,” kata Edgar.

Disisi lain, Edgar sangat mengapresiasi eksistensi Sabandar Karimadi yang berhasil memperjuangan, memelihara dan mengembangkan pencak silat yang merupakan budaya bangsa. Walaupun di tengah era globalisasi seperti saat ini, mereka berhasil mempertahankan bahkan mengembangkan pencak silat. “Saya sangat salut kepada Sabandar,” ujar mantan Kadisdik Kota Bogor ini.

Dengan begitu, ia berharap para penerus bangsa dapat meneruskan perjuangan budaya pencak silat seperti yang dilakukan Perguruan Silat Sabandar Karimadi. Sebab kalau bukan penerus bangsa, siapa lagi yang akan membesarkan pencak silat ini. “Kita harapkan semua pihak dapat melestarikan pencak silat ini. Karena, kalau bukan kita siapa lagi,” ujarnya.

Kegiatan milangkala ke-252 Perguruan Silat Sabandar Karimadi Kota Bogor ini turut dihadiri beberapa tokoh pencak silat dan organisasi masyarakat (ormas) Kota Bogor. Diantaranya seperti Ki Atma, Ki Ulung, Ki Gatot dan Ki Goler. Khusus untuk STS sendiri, dia adalah Pembina Sabandar Karimadi.

(rez/b/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *