News, Sport and Lifestyle

Harga Beras Melambung Bikin Warga Bingung

Ciawi – Melambungnya harga kebutuhan pokok terutama beras akhir – akhir ini membuat masyarakat dari kalangan bawah menjerit. Namun bagi yang berpenghasilan mumpuni kenaikan tersebut tidak begitu terasa,bahkan mereka terkesan cuek.

“Sekarang udah segala mahal,gas mahal,kebutuhan pokok mahal,terutama beras,udah gitu barangnya langka,penghasilan suami dari dulu segitu aja,bingung jadinya,” Ungkap ibu rumah tangga Ira saat ditemui ketika berbelanja kebutuhan pokok di Pasar Ciawi.

Dia juga mengatakan, saat ini harga perliter beras yang layak konsumsi tembus diangka Rp 11 ribu. Sedangkan untuk beras dengan harga Rp8 ribu perliter memiliki kualitas yang buruk. “Kayaknya kalau dimakan juga sudah tidak layak,karena sangat kuning,” katanya.

Kepala UPT Pertanian Ciawi Teguh Irianto mengatakan,kenaikan harga beras sifatnya hanya sementara saja. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenaikan harga kebutuhan pokok. Pertama karena saat ini sedang berada pada musim tanam dan bukan musim panen. “Sudah menjadi hukum pasar,bila barang kurang,tapi kebutuhan banyak atau tetap,harganya akan naik,” jelas dia.

Selain itu,lanjutnya, faktor yang mempengaruhi naiknya harga kebutuhan pokok adalah berkurangnya minat masyarakat untuk bertani. Sehingga pemerintah menaikkan harga gabah,dengan harapan bisa meningkatkan kembali gairah masyarakat untuk bertani. “Sekarangkan profesi petani kurang diminati,segingga perlu adanya upaya agar masyarakat mau bertani,” tutupnya.

(ash/b/suf)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *