Jalan Alternatif Surade-Waluran Puluhan Tahun Tak Tersentuh Aspal

by -

METROPOLITAN – Jalan alternatif penghubung Kecamatan Waluran-Surade kondisinya memprihatinkan. Akses jalan yang statusnya dibawah pengelolaan Pemkab Sukabumi tersebut puluhan tahun tidak diaspal.

Akses jalan yang berada antara Desa Caringintunggal Kecamatan Waluran dan Desa Kadaleman Kecamatan Surade ini kondisinya berbatu. “Ruas jalan tersebut banyak digunakan untuk perekonomian warga, terutama kegiatan pertanian,” kata Sodikin (45), warga Kampung Mareleng, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran.

Sodikin mengatakan jika warga sudah mengusulkan pengaspalan jalan kepada kepala desa setempat. Namun hanya bisa dilakukan pengerasan. Sementara itu Kepala Desa Caringinnunggal, Neji Jaenudin menjelaskan ruas jalan tersebut adalah kewenangan Pemda Kabupaten Sukabumi. Pada 2015, pernah diaspal. Tapi hanya hanya sampai 900 meter. “Padahal panjang jalan poros tengah, atau alternatif ini mencapai tiga kilometer, ” kata Neji.

Neji pun mengalu sudah melayangkan permohonan kepada dinas terkait agar pengaspalan jalan dari Mareleng, Desa Caringinnunggal ke Desa Kadaleman bisa dilanjutkan kembali pada anggaran.

(rag/suk/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *