News, Sport and Lifestyle

Joshua Dilaporkan Polisi

METROPOLITAN – Forum Umat Islam Bersama (FUIB) resmi melaporkan Joshua Suherman ke Bareskrim Mabes Polri, kemarin. Menurut Ketua Umum FUIB Rahmat Himran sekaligus pelapor, Joshua diduga sudah melakukan aksi penistaan agama dalam salah satu materi stand-up comedy-nya. “Agama kami dilecehkan oleh beliau,” kata Rahmat.

Dalam lanjutannya, Rahmat turut membeberkan poin-poin dari ucapan Joshua Suherman yang menurutnya masuk dalam kategori penistaan agama. “Kalimat terakhir yang membandingkan Annisa dengan Cherly. Dia katakan Annisa unggul karena muslim, dan dia bilang di negara ini yang tidak bisa dikalahkan ya yang mayoritas,” beber Rahmat Himran. “Ini yang membuat umat Muslim geram. Dia kan membandingkan Islam sebagai mayoritas, jadi termasuk isu SARA,” lanjutnya.

Buntut dari pelaporan itu sendiri, Joshua Suherman diduga telah melakukan tindak pelecehan dan penghinaan terhadap agama. Joshua pun dikenakan Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 28 ayat (2) UU ITE.

Sementara itu, Joshua dan Ge Pamungkas mendatangi kantor LBH GP Ansor. Selain meminta bantuan hukum, mereka juga berdiskusi soal materi stand up mereka yang dianggap melecehkan agama. Keduanya mendapat perilaku yang kurang mengenakkan. Kuasa Hukum Joshua dan Ge, Achmad Budi Prayoga menuturkan kliennya cukup terganggu dengan adanya beberapa ancaman.

“Iya semalam Joshua Suherman, Ge Pamungkas, dan teman-temannya sekaligus minta bantuan LBH GP Ansor untuk mendampingi terkait ancaman-ancaman persekusi, bahkan upaya hukum yang dilakukan FUIB. Pokoknya akan saya dampingi dan hadapi,” tegas Achmad. “Bahkan ada sms-sms mereka yang mengancam,” tambahnya.

Meski merasa terganggu, saat datang ke LBH GP Ansor, Joshua Suherman dan Ge Pamungkas terlihat santai. Mereka berusaha menyelesaikan masalahnya dengan rileks. “Ya mungkin Joshua dan Ge Pamungkas teman-temannya santai-santai saja kok, nggak tahu ya, rileks kok mereka, nggak merasa ini… santai mereka,” ungkapnya.

(dtk/okz/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *