News, Sport and Lifestyle

Kecamatan Cileungsi Terus Berbenah

CILEUNGSI – Cileungsi adalah salah satu dari 40 kecamatan di kabupaten Bogor. Sebagai salah satu daerah penyangga ibukota serta sesuai dengan tujuan penataan ruang nasional, sudah selayaknya wilayah ini memperhatikan aspek-aspek keterpaduan, pengendalian pemanfaatan ruang wilayah nasional, provinsi, dan kabupaten/kota dalam rangka pelindungan fungsi ruang dan pencegahan dampak negatif terhadap lingkungan akibat pemanfaatan ruang. 

Tak hanya itu, penataan ruang yang memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan, akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Cileungsi khususnya dan Kabupaten Bogor pada umumnya. 

Ditambah lagi, Kecamatan Cileungsi memiliki populasi penduduk tertinggi di Kabupaten Bogor dengan sekitar 360 ribu penduduk. Atas dasar itulah, wilayah Kecamatan Cileungsi ini kini membutuhkan penataan wilayah yang lebih baik.  

Secara geografis, Kecamatan Cileungsi terletak di wilayah Utara-Timur dari Kabupaten Bogor. terbagi menjadi 12 desa, kecamatan ini adalah salah satu sentra industri khusus di kawasan Jabodetabek dengan luas 689,01 hektar (ha). 

Saat ini pemerintah daerah mencoba mengendalikan industri-industri yang ada di Cileungsi ini untuk sesuai dengan peruntukannya. Lalu persyaratannya agar industri ini bisa berjalan dan tidak menggangu kepentingan-kepentingan umum lainnya,” papar Camat Cileungsi, Renaldi Yushab Fiansyah, baru-baru ini.

Dikatakannya, sebagai kawasan industri khusus, Kecamatan Cileungsi harus memperhatikan kebijakan norma, standar, prosedur dan manual pemanfaatan ruang di wilayah Kabupaten Bogor dalam pengembangan kawasan industri sesuai implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 24/2009. 

Pemerintah kabupaten sudah menentukan tentang penataan tata ruang wilayah Kecamatan Cileungsi, kami hanya berkewajiban menata dan mengendalikan,” ujar Renaldi

.(trb/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *