Link Banner

METROPOLITAN- Setelah melakukan kerjasama di bidang penerangan jalan melalui pengembangan sistem  Penerangan Jalan Umum (PJU) Pintar atau Smart City Lighting, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Agence Francaise de Developpement (AFD) kembali akan menjajakan kerjasama di bidang pengolahan air atau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), tepatnya di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal.

“Selain kerjasama tersebut ada hal lain yang menarik, yakni Decathlon yang merupakan toko olahraga terbesar di Perancis yang tertarik untuk berinvestasi di Kota Bogor,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya saat menerima Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Jean Charles Berthonet di ruang Paseban Punta, Balaikota Bogor, Selasa (16/01/2018).

Rencana Decathlon yang ingin berinvestasi di Kota Bogor menurut Bima cukup menarik, karena sesuai dengan rencana Kota Bogor sebagai City of Runner dan City of Sport serta menunjang Sport Tourism. “Ini produk (olahraga) yang sangat baik dan mudah-mudahan bisa dilakukan, tinggal kita cari tempatnya,” terangnya.

Kepala Sub Bidang Perencanaan Tata Ruang dan Lingkungan Hidup di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Naufal Isnaeni menambahkan, tema pembangunan Green City yang diusung Kota Bogor salah satunya mengenai efisiensi energi melalui pemakaian energi infrastruktur berupa PJU Pintar. Tahun 2015 kerjasama dirumuskan dan dilanjutkan penyusunan master plan Smart City Lighting pada 2016 berupa audit, pelatihan staf PJU Pintar dan skema pendanaan.

“Januari 2018 ini mereka menyerahkan hasil kajian yang telah dilaksanakan untuk kemudian dirumuskan secara bersama-sama untuk kerjasama pengembangkan Smart City Lighting kedepannya,” kata Naufal.

Sementara itu untuk pengolahan air atau IPAL di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Naufal mengatakan, pemerintah Perancis melalui AFD akan memberikan hibah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hadir mendampingi Wali Kota Bogor, diantaranya Kepala Dinas Lingkungan (DLH) Kota Bogor Elia Buntang, Kepala bagian Kerjasama Setda Kota Bogor Tyas Ajeng, Kepala bagian Humas dan Protokol Setda Kota Bogor Endang Suherman dan perwakilan dari Bappeda Kota Bogor. (humas:rabas/indra-SZ)

a

Untuk semakin memperkuat posisinya sebagai lembaga pembiayaan milik Pemerintah Kota Bogor, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) BPR Bank Kota Bogor menjalin kerjasama dengan Korpri Kota. Penandatanganan tersebut dilaksanakan di Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Selasa (16/01/2018).

Dijelaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, untuk kerjasama yang akan dilakukan antara Korpri Kota Bogor dengan Perumda BPR Bank Kota Bogor itu nantinya untuk tunjangan para Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Jadi nantinya ini khusus untuk tunjangan (ASN) saja. Jadi seluruh tunjangan itu akan disetorkan di

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here