News, Sport and Lifestyle

PENGGUGAT BISA HITUNG SENDIRI BIAYA PERKARA

METROPOLITAN- Pengadilan Negeri Cibinong Kelas IA melaunching layanan E-Panjar dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di halaman parkir Pengadilan Negeri Cibinong Kelas IA, pada Rabu (10/1). Layanan ini merupakan upaya untuk menuju peradilan unggul dan modern.

Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Kelas IA mengatakan Lendriaty Janis mengatakan dalam E-panjar biaya perkara yang merupakan lanjutan dari program E-SKUM, pencari keadilan dalam hal ini penggugat atau pemohon dapat menghitung sendiri biaya perkara yang dikeluarkan dengan memasukkan para pihak yang digugatnya.

“Dalam E-Panjar biaya perkara yang telah dipergunakan dan untuuk apa biaya tersebut digunakan dalam proses persidangan melalui email, sms atau surat kepada penggugat,”kata Lendriaty.

Dalam E-panjar biaya perkara, penggugat juga dapat memilih jika masih ada dana atau panjar biaya perkara yang lebih untuk dikembalikan secara langsung kepada penggugat.

“Ini bisa dilakukan lewat rekening yang bersangkutan, atau diambil sendiri ke pengadilan oleh  penggugat tersebut,”ujar dia.

Ia juga mengatakan selain dari program E-Panjar, pengadilan Negeri Cibinong juga telah memulai program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang didukung dengan aplikasi berbasi IT.

“Ini menunjukkan adanya kepastian hukum serta akuntabilitas dibidang court administration yaitu tertib administrasi yang harus dilaksanakan berkaitan dengan jalannya perkara dari tahap penerimaan sampai dengan tahap pelaksanaan putusan,”tandasnya

(*/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *