METROPOLITAN – Puluhan warga yang akan mengurus adminitasi kependudukannya di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatapan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor banyak yang nyasar. Tersesatnya warga karena rambu penunjuk arah yang dipasang Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor masih belum diubah..

Dalam rambu itu tampak masih tertulis Kantor Disdukcapil berada di Jalan Bersih searea dengan kantor Pusdai, Disnakertrans dan Pengadilan Agama. Padahal sejak beberapa bulan lalu, kantor Disdukcapil sudah pindah ke Jalan Tegar Beriman, dekat Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor. Gara-gara plang yang salah, warga yang dari arah simpang PDAM yang ingin menuju kantor Disdukcapil belok ke kiri sebelum Masjid Baitul Faizin.

Salah seorang warga Leuwiliang Berti mengaku, belum pernah ke kantor Disdukcapil yang baru. Saat melintasi jalur lambat Jalan Tegar beriman, terlihat papan petunjuk arah menujuk kantor Pusdai, Disnakertrans, Pengadilan Agama dan Disdukcapil yang terpasang. Tanpa berpikir panjang, lantas mengikut pentunjuk tersebut. Detelah satu kilo berjalan tidak kunjung menemui kantor Disdukcapil yang ada malah kesasar. “Saat bertanya ke tukang parkir, baru dikasih tahu kalau kantor Disdukcapil sudah lama pindah berada di Jalan Tergar Beriman tepatnya di sebelum SPBU Pakansari, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong,” ujarnya.

Menurut keterangan petugas parkir, lanjut Berti, buka hanya satu orang saja yang nyasar akibat rambu penunjuk arah yang menyesatkan. Tetapi lebih dari lima puluh orang. Menurut dia, Disdukcapil menjadi tempat yang urgen dan banyak dikunjungi warga dari 40 kecamatan untuk mengurus administrasi kependudukan. “Seharusnya Dishub mencoret penunjuk arah yang salah tersebut bukan hanya membiarkan dan banyak yang tersesat,” kesalnya.

Menangapi hal tersebut, Kepala Bidang Lalulintas Dishub Kabupaten Bogor Ahmad mengakui sejak kantor Disdukcapil, rambu penunjuk arah tersebut belum dicoret. Ia secepatnya mencabut papan penunjuk arah yang salah tersebut. Untuk pemasangan rambu baru sudah dianggarkan di tahun ini. “Rambu penujuk arah yang lama akan kita copot secepatnya. Kalau sudah ada nanti dipasang secepatnya,” katanya. (ads/b/els)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here