Ratusan Warga Kalisuren Hadang Truk Galian Tanah

by -

TAJURHALANG – Ratusan warga RT 03/10 Desa Kalisuren Kecamatan Tajurhalang menyetop sejumlah truk galian tanah merah yang melintasi di jalan wilayah tersebut. Aksi tersebut dilakukan karena warga geram melihat aktivitas truk tersebut yang menyebabkan jalan rusak dan debu yang membahayakan kesehatan warga.
“Kami minta truk-truk jangan melintasi jalan ini. Kami sudah tidak tahan dengan debu dan jalan pun semakin rusak,” ujar salah seorang warga yang namanya tidak mau dikorankan itu.
Dia meminta kepala desa untuk tidak diam saja dan terkesan mengalah terhadap oknum yang bermain di galian tersebut.
Ketua RW 10 Abdurahman mengaku pengelola galian tersebut tidak berkoordinasi dengan warga terkait penggunaan jalan yang ada di wilayahnya.
“Saya ingin pengelola galian agar memikirkan dampak buruk yang dirasakan warga akibat truk pengangkut tanah tersebut,” pinta pria yang akrab dipanggil Paung itu.
Ia mengaku bersama warga menghadang dan menghentikan truk galian tanah merah yang melintas jalan ini sejak pukul 01:30 WIB dini hari kemarin.
“Saya datengi ke galian kosong tidak ada siapa-siapa, padahal saya ingin minta penjelasan dari pengelolanya, ”ujarnya
Sementara sopir truk galian Rohim mengatakan, dirinya tidak tahu apa-apa soalnya penghentian truk oleh warga.
“Semalam saya dikawal oleh pihak galian saat melintas. Kirain saya sudah beres mas dan sudah berkoordinasi dengan warga, tapi yang terjadi seperti ini mas. Dan yang ngawal saya pun kabur tidak tanggung jawab,” bebernya.
Pantauan Metropolitan di lokasi warga melakukan mediasi ke para sopir truk. Dari mediasi tersebut akhirnya para sopir membawa truk mengangkut tanah merah tersebut kembali ke galian.
Warga kemudian membubarkan diri pulang ke rumah masing-masing setelah mediasi yang berjalan aman,tertib dan lancar tersebut.

(khr/c/sal)

MENYETOP : Ratusan warga terlihat tengah menghentikan truk galian tanah merah yang melintasi Jalan di RW 10 Desa Kalisuren Kecamatan Tajurhalang. Penghentian tersebut karena aktivitas truk tersebut menyebabkan jalan rusak dan menimbulkan debu yang membayakan kesehatan warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *