News, Sport and Lifestyle

Rektor STKIP Muhammadiyah Bicara Soal Pilbup Bogor

LEUWIWILANG – Warga Bumi Tegar Beriman akan menentukan pemimpin barunya, menjelang Pemilihan Bupati Bogor dan Wakil Bupati Bogor pada 27 Juni 2018 mendatang. Menurut Rektor STKIP Muhamadiyah Cabang Leuwiliang Yusfitiriadi, sebetulnya dalam regulasi kepemiluan, yang dimaksud petahana bukan hanya bupati dan wakil bupati yang kembali mencalonkan lagi, namun ketua dan pimpinan DPRD, keluarga bupati dan sekda pun termasuk ke dalam kategori petahana.

“Namun saya mengerti apa yang dimaksud, yakni tidak ada bupati, wakil bupati dan sekda yang mencalonkan diri. Ketika berbicara peluang, masing-masing pasangan calon mempunyai peluang dengan berbagai kelebihan dan kelemahannya,” ujarnya.

Yusfitiriadi mengungkapkan, terutama dalam konteks Kabupaten Bogor, tiga pasangan calon mempunyai peluang yang sama sampai saat ini. Pasangan Ade Yasin dan Iwan Setiawan, Ade Jaro dan Ingrid, serta Gunawan Hasan dan Viky Rhoma. Kekuatan Ade Yasin dan Iwan ada pada basis pemilih loyalis Rachmat Yasin (RY), mungkin karena itu juga nama Ade  Munawaroh kemudian dirubah menjadi Ade Yasin.

“Karena dalam pandangan saya basis pemilih RY dengan berbagai organ taktisnya masih loyal dan bisa digerakan, selain itu juga Iwan yang merupakan politisi Partai Gerindra. Partai Gerindra adalah partai yang secara psikologis sedang heroik-heroiknya,” ujarnya.

Sementara itu menurutnya, kekuatan Jaro Ade dan Inggrid ada pada jati diri sebagai figur yang berproses panjang di Golkar sehingga mampu membangu soliditas struktur Golkar yang kuat dan solid, ditambah dengan kekuasaanya sebagai Ketua DPRD yang sedikit banyak berpengaruh pada struktur.

“bergabungnya PKS juga akan menambah kekuatan baru, selain konsituen PKS, cukup banyak juga terkenal solid dan merasakan psikologis eporia yang sama dengan Gerindra sebaga partai heroik yang merasa di atas angin. Kekuatan semakin dipertegas dengan sosok Inggrid yang seorang celebrity yang sangat populis di tengah-tengah masyarakat,”terangnya.

(mul/b/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *