News, Sport and Lifestyle

Sampah Menggunung hingga Dua Meter, DLH ke Mana?

Cisarua — Sampah setinggi dua meter menggunung di jalan alternatif Gadog – Cikopo.bau menyengat dan belatung mengiringi tumpukan sampah tersebut.

Untuk meminimalisir semakin bertambahnya sampah, Puluhan anggota Koramil 2124 dan Polsek Cisarua, terjun langsung membenahi  tonan sampah tersebut. aparat akan menindak tegas pembuang sampah dengab memberi hukuman. “Kami mengawasi lokasi dan masyarakat dalam membuang sampahnya dengan didampingi Binmas dan Babinsa,” tegas Komandan Koramil Cisarua 2124, Mayor Inf Y Heru Wibowo.

Dia juga mengatakan, puncak merupakan salah satu lokasi destinasi wisata nasional. Berdasarkan laporan warga, selain warga setempah, sampah juga berasal dari wisatawan yang melintas di jalur alternatif tersebut. “Sampah yang dibuang di sini saya yakin bukan hanya dari warga, melainkan wisatawan yang sengaja buang lewat jendela mobil,” kata dia.

Kepala Desa Kopo, Agus Bekti menyampaikan, setelah tempat tersebut diseterilisasi,akan dibangun Lokasi pembuangan sampah.

Menurut dia, bicara lokasi wisata, sampah tentunya sangat menggangu kenyamanan warga. Oleh karenanya, untuk meminimalisir ganguan sampah, nantinya dibentuk gerakan memilah sampah secara intensif. Program itu akan berjalan dalam eco village desa.

Sedangkan sumber sampah sendiri, Agus mengungkapkan,  banyak sampah hasil dari buangan wistawan.  “Melihat main lempar lempar begitu aja. Makannya kalau sudah terbentuk kami berusaha untuk mencegah, sampahnya biar di bawa lagi,”Pungkasnya.

(ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *