Laju tak terkalahkan Barcelona terhenti. Blaugrana kalah 0-1 dari Espanyol pada laga leg pertama perempatfinal Copa del Rey, di mana Lionel Messi membuang kans dari penalti. Bertandang ke RCDE Stadium, dinihari WIB kemarin, Barcelona langsung mendapatkan kesempatan di awal laga. Pada menit kedua Messi dijatuhkan tak jauh dari kotak penalti dan berbuah pelanggaran. Eksekusinya tipis saja di atas gawang Espanyol.

Sergio Busquets melepaskan tembakan di menit ke-8, tapi masih mampu diamankan Diego Lopez. Messi melakukan tusukan pada menit ke-23 lewat tengah, namun tendangannya sedikit kurang sempurna sehingga bola mudah ditahan Lopez. Di menit ke-25, Gerard Pique menyarangkan bola ke dalam gawang. Tapi wasit tak menghitungnya sebagai gol karena hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera tanda offside.

Sebuah kesalahan dari Sergi Roberto nyaris berbuah fatal untuk Barcelona. Umpan back pass-nya jatuh ke kaki Gerard Moreno dan diselesaikan penyerang Espanyol itu dengan tembakan. Bola cuma berakhir melebar. Jelang babak pertama berakhir, Barcelona melewatkan kesempatan. Denis Suarez mendapatkan bola di sisi kiri dan mengarahkan sepakan, namun cuma melambung.

Satu lagi serangan Barcelona patah di menit ke-53. Sepakan voli Messi bisa dihalau oleh Lopez. Barcelona mendapatkan penalti di menit ke-61, saat Roberto dijatuhkan Esteban Granero. Tapi eksekusi penalti Messi terbaca oleh Lopez dan dihalau.

Espanyol mengancam lewat sundulan David Lopez pada menit ke-81, namun bola masih mampu diamankan Jasper Cillessen. Dua menit kemudian, tendangan bebas Marco Navarro memaksa Cillessen melakukan penyelamatan bagus. Espanyol mencetak gol di menit ke-88. Navarro merangsek di sisi kanan dan mengoper ke Oscar Melendo, yang lantas menempatkan sepakan ke pojok kiri gawang.

Barcelona mengurung Espanyol di sisa waktu pertandingan, tapi tak berhasil mencetak gol penyama kedudukan. Tim tamu pun harus mengakui keunggulan Espanyol dengan skor 1-0. Leg kedua selanjutnya akan digelar di Camp Nou, Jumat (26/1) mendatang.

(de/suf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here