Megamendung-– Janji Bupati Bogor Nurhayanti yang akan mencairkan Bantuan keuangan (Bankeu) untuk pembangunan jalan alternatif lingkar utara Pucak Bak hembusan angin syurga belaka.

Sampai saat ini bantuan tersebut belun juga cair,dengan alasan ada salah satu desa dikabupaten Bogor yakni Desa Taman sari yang bermasalah dengan bankeu terdahulu.

Saat ini ke- empat desa yang dijanjikan bankeu oleh Bupati tersebut terpaksa mengutang ke toko bangunan atas tuntutan masyarakat. Di antarannya, Desa Pasir Angin Rp 250 juta, Cipayung Datar Rp 500 juta, Cipayung Girang Rp 400 juta, dan Megamendung Rp 250 juta ,total 1,4 miliar. Hutang tersebut diakui Kepala Desa Cipayung Girang, Srie Budy Sayekti. “Ya sudah empat ratus juta lebih itu kalau untuk matrial. Tapi tenaga kerja kan gak bisa ngutang,” akunya.

Dia berharap semua program bankeu segera selesai. Sebab, kata dia pemerintahan desa sudah menyosialisasikan ke masyarakatnya. Terkait pemerintah daerah yang akan mengucurkan anggaran sesuai program. “ Tapi ternyata tidak,” katanya.

Menurutnya, langkah pembangunan dilakukan karena adannya janji bupati. Di mana sebelum tahun baru 2018 jalan sudah rampung diselesaikan. “Mudah-mudahan Pemda ada itikad baik dan bijak untuk bisa membantu menyelesaikan dan tidak ada yang dirugikan.Setidaknya ada jaminan kalau angaran itu akan turun buat alasan yg nagih matrial,”katanya.

Senada, Kepala Desa Cipayung Cacu Budiawan mengaku sudah membandrol bon hutannya hingga Rp. 500 juta lebih. Saat ini pengerjaan fisik dihentikan karena, belum adannya kejelasan dana. Cacu mengaku, nekat berutang ke toko material demi menyelesaikan target sebelum 25 Desember 2017.”Kalau dikerjakan hutang membengkak. Kalau tidak dikerjakan sekarang pekerjaan tidak selesai sesuai target sesuai instruksi bupati,” jelasnya.

Namun, adannya hutang desa tak digubris Bupati Bogor, Nurhayanti. Saat dikonfirmasi dalam kesempatan Festival Mengamendung, lebih memilih bungkam. Selain tak menanggapi, ia juga menjawab pertanyaan lain.

(ash/b/suf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here