DRAMAGA – Himpunan Alumni (HA) IPB menyiapkan berbagai program kerja strategis untuk mengawal sektor pertanian di seluruh Indonesia. Hal ini agar bisa mewujudkan pembangunan pertanian yang maju, berkelanjutan, dan berdampak bagi kesejahteraan seluruh masyarakat.

“HA IPB punya kewajiban moral yang kuat berupaya berkontribusi aktif dalam sektor pertanian,” kata Ketua Umum HA IPB Fathan Kamil, usai pelantikan dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) HA IPB periode 2017-2021 di Kampus IPB Dramaga, baru-baru ini.

Dikatakan, berbagai program strategis itu akan mensinergikan potensi dan peran alumni yang sudah berkiprah dalam berbagai bidang profesi. “Potensi alumni cukup beragam dengan berbagai latar belakang. Kami berharap keragaman ini semakin memperkaya tekad alumni IPB dalam mengawal pembangunan pertanian di Indonesia,” kata mantan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) ini.

Menurut dia, HA IPB memiliki 150 ribu alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. Di daerah, alumni IPB mempunyai kepengurusan DPD di 27 provinsi dan 80 DPC di tingkat kabupaten/kota. “Ini potensi sangat signifikan bagi IPB memiliki kepengurusan alumni hingga tingkat daerah dan cabang,” katanya.

Banyaknya alumni IPB yang tersebar di seluruh Indonesia, lanjutnya, dapat membantu almamater IPB dan juga bangsa Indonesia untuk berkontribusi positif memajukan sektor pertanian secara umum, dan sektor pendukung lainnya.

Fathan menambahkan langkah awal yang disiapkan pengurus HA IPB adalah melakukan konsolidasi organisasi sehingga dapat mencapai kepengurusan di seluruh Indonesia. “Tahun ini targetkan terbentuk DPD di 34 provinsi, dan menambah jumlah DPC, khususnya di pulau Jawa terbentuk 150 DPC,” kata Fathan.

Dengan terbentuknya kepengurusan di timgkat daerah dan cabang akan memudahkan HA IPB untuk menggerakkan seluruh alumni dalam menjalankan program-program strategis untuk mengawal pembangunan pertanian.

(bs/sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here