News, Sport and Lifestyle

Demi Keselamatan, Jalur Puncak Belum Dibuka Total

Cisarua–Meski menuai banyak protes dari berbagai kalangan, Penutupan Jalur wisata Puncak yang dari mulai Gunung Mas, Cisarua hingga Ciloto, Cipanas rupanya akan terus berlanjut. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto menegaskan,penutupan yang masih dilakukan ini, melihat aspek keselamatan. Sebab, curah hujan yang masih terus mengguyur wilayah Puncak, dikhawatirkan kondisi tanah akan labil. Sehingga, kemungkinan terjadi longsor akan terus terjadi. “Jadi atas faktor itu. Jalur puncak masih belum bisa dibuka total,” tegas Agung Budi kepada wartawan, usai meninjau lokasi bencana longsor di Riung Gunung dan longsor pohon pinus Puncak Cisarua,baru baru ini.

Dia juga mengatakan kalau jalur ini dibuka secara total, kendaraan yang melintas ke jalur ini akan menambah beban jalan. “Daripada kita buka total jalur ini dengan beban yang cukup berat, sementara hujan di wilayah Puncak ini masih tinggi, maka kemungkinan  terjadinya kerawanan terjadi longsor lagi,” ungkapnya.

Jendral Bintang Dua inipun menghimbau,agar beberapa titik tempat terjadi longsor diselesaikan secara permanen terlebih dahulu oleh Kementrian PUPR. Setelah selesai total dan dinilai aman untuk dilintasi, maka masyarakat dipersilahkan untuk melintas kembali ke jalur tersebut.“Diprediksi pekerjaan akan selesai sebelum lebaran tahun 2018 mendatang,” bebernya.

Dalam kunjungannya, Kapolda Jabar didampingi Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman, Karo Ops Polda Jabar Kombes Pol. Drs Leonidas Braksan, MM, Dir Reskrimsus Polda Jabar Kombes Pol. Samudi, S.I.K, M.H, Dirlantas Kombes Pol Prahoro S.I.K.M.H, Dir Sabhara Kombes M. Aris S.I.K M.H dan Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky Pastika.

Sekedar informasi,Jalur Puncak saat libur Imlek, kondisi lalu lintas sudah mengalami peningkatan volume kendaraan. Pada sabtu (17/02), Satlantas Polres Bogor pun memberlakukan sistem satu arah. Namun,peningkatan volume kendaraan ini masih minim dibanding ketika sebelum jalur puncak longsor.

(ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *