Desa Mekarnangka Desak Pemkab Segera Perbaiki Jalan

by -

METROPOLITAN – Desa Mekarnangka, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu desa terpencil yang sangat membutuhkan perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, provinsi maupun pemerintahan pusat. Perhatian yang dibutuhkan terutama dari aspek perbaikan infrastruktur jalan menuju desa, karena kondisinya masih bebatuan dan lereng pegunungan dengan tebing yang curam.

“Kepala Desa Mekarnangka Endang Sutisna selama tiga tahun kepemimpinannya, telah berupaya memfokuskan program desanya terhadap perbaikan infrastruktur terutama jalan jalan setapak,” kata Sekretaris Desa Mekarnangka, Ipi Suhendar, kepada Metropolitan, kemarin.

Menurut Ipi, program perbaikan infrastruktur merupakan upaya untuk membantu aktifitas masyarakat sehari-hari. Terlebih saat ini sudah 80 persen terealisasikan perbaikan jalan setapak dimasing-masing pedusunan. ‚ÄúTidak di setiap RT karena anggarannya disesuaikan agar bisa merata serta tidak menimbulkan kecemburuan. Untuk perbaikan jalan poros dari target panjangnya 4.050 meter alhamdulilah telah terealisasikan sepanjang 2.750 meter,” katanya.

Hanya, lanjut Ipi, ketika Alokasi Dana Desa (ADD) turun, asumsi dimasyarakat dana tersebut dibagikan langsung kesetiap RT. Namun itu tidak mungkin, maka untuk lebih meratanya dilaksanakan pembangunan kesetiap kedusunan walau dana tersebut jadi kecil. “Kalau terkait pelaksanaan jalan poros dan jalan desa, ada sekitar 11 kilo meter jalan yang sudah dilakukan pengerasan,” jelasnya.

(wwn/hep/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *