News, Sport and Lifestyle

Kades Bantarjaya Kembangkan UMKM Warga Desa Bantarjaya

METROPOLITAN – Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) salah satu fokus kinerja M Humaedi, Kepala Desa (Kades) Bantarjaya, Rancabungur, Kabupaten Bogor.
Menurutnya, terciptanya kemandirian masyarakat bisa ditunjang dari sisi kewirausahaan yang tersedia. “Untuk itu, UMKM menjadi daya gedor agar warga Desa Bantarjaya bisa semakin mandiri dan sejahtera,” ujar lelaki yang menjaba sejak 2014 itu kepada Metropolitan kemarin.
Humaedi menuturkan, saat ini UMKM yang tersebar di Desa Bantarjaya bertolak ukur untuk memproduksi hasil olahan makanan ringan. Seperti, dodol, rangginang dan kue kering lainnya. “Ya, home industri prodak makanan rumahan. Jasa perdagangan ini tentunya sangat penting, agar masyarakat terus berkembang kearah yang lebih baik lagi,“ tuturnya.
Dia mengaku, selama periode kepemimpinannya masih banyak pekerjaan rumah yang belum diselesaikan secara keseluruhan. Tapi, sampai saat ini pihaknya bersama seluruh SDM Pemdes Bantarjaya terus berjuang untuk mencapai program kerja yang belum terselesaikan.
“Kami saat ini tengah memprioritaskan juga kebersihan lingkungan , yaitu dengan menggelontorkan program Bank Sampah. Sehingga, tidak menimbulkan dampak yang merugikan untuk lingkungan. Tapi menjadi tambahan penghasilan pula,” katanya.
Humaedi menambahkan hingga masa akhir jabatan sebagai kades, pekerjaan rumah diharapkan dapat terrealiasasi dengan baik.
“Semoga, kinerja selama empat tahun terakhir ini berdampak baik, dan tercapainya visi misi yang sudah diprogramkan,” pungkasnya. (yos)
FOTO : Kepala Desa Bantar Jaya M Humaedi S,Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *