Link Banner

METROPOLITAN – KPU Kota Bogor secara resmi telah menetapkan empat pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Bogor yang maju di pilwalkot Bogor 2018. Keputusan itu berdasarkan surat dengan nomor : 170/PL.03.3-Pu/3271/KPU-kot/II/2018 yang dikeluarkan KPU Kota Bogor. “Sesuai dengan tahapan PKPU Nomor 3/2017 tentang pencalonan peserta pemilihan walikota dan wakil walikota Bogor, kami menetapkan ada 4 paslon yang maju di pilwalkot Bogor 2018,” kata Komisioner KPU Kota Bogor, Bambang Wahyu.

Menurutnya, ada beberapa hal yang menarik dalam penetapan pasangan calon sesuai dengan PKPU Nomor 3. Yakni, kaitan penamaan paslon yang harus sesuai dengan KTP-el. Meski demikian dalam aturan tersebut masih ada klausul kelonggaran untuk memasukan gelar keagamaan, gelar adat atau gelar akademik. “Kita konfirmasi ke masing-masing pasangan calon untuk memasukan gelar. Hal itu dibuktikan adanya ijazah gelar yang diinginkan,” jelas dia.

Bambang menuturkan, penamaan tersebut nantinya akan digunakan di alat peraga kampanye termasuk surat suara yang akan dicetak pada saat pencoblosan. Dari hasil konfirmasi gelar, Bima Arya tercatat menjadi Dr. Bima Arya Sugiarto dengan pasanganya Drs Dedie A Rachim M.A. Sedangkan untuk pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan PKB menjadi Dadang Iskandar D, SE dan Sugeng Teguh Santos SH. Untuk pasangan Ru’yat menggunakan drh. H. Achmad Ru’yat M.Si untuk Zenul Mutaqin tidak menyertakan gelar hajinya. Dan pasangan terakhir H. Edgar Suratman, SE. MM dan Sefwelly Ginanjar Djoyodiningrat. “Jadi ini sangat krusial,” ucapnya.

Bambang menambahkan, setelah KPU melakukan pengundian dan penetapan nomor urut, deklarasi damai yang seharusnya dijadwalkan Rabu (14/2), diundur menjadi Minggu (18/2). Keputusan itu berdasarkan surat edaran KPU RI yang mana deklarasi damai akan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah yang menyelenggarakan pilkada serentak 2018. “Sehingga setelah melakukan kampanye, baru akan dilaksanakan deklarasi damai, penundaan ini berdasarkan surat edaran KPU RI,” tutupnya.

(rez/b/ram)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here