METROPOLITAN – Pasar tradisional merupakan pusat kegiatan ekonomi kerakyatan. Pasar juga menjadi tempat perputaran uang dan barang. Banyak orang yang menggantungkan kebutuhan hidupnya dari hiruk-pikuk pasar. Seperti halnya yang disampaikan Tita Juniarsih (36), salah seorang ibu rumah tangga yang menjadi pengunjung pasar, terkhusu pasar mingguan yang berada di Kampung/Desa/Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

Tita mengemukakan bahwa dirinya sangat terbantu dengan adanya pasar mingguan di Cikidang. “Meski punya uang sedikit, kepasar mingguan ini saya bisa belanja cukup untuk dua hari dengan seadanya. Kalau sengaja belanja ke Pasar Cibadak kan harus punya uang lebih karena harus bayar ongkos. Tapi kalau hanya di sinikan bisa dipakai untuk keperluan lainnya,” kata Tita kepada Metropolitan, kemarin.

Sementara itu, Satibi Pratama (47), salah satu pengurus pasar mengatakan bahwa pasar mingguan yang ada di Cikidang sudah berjalan hampir tiga tahun. Para pedagang hadir di Cikidang atas permintaan masyarakat untuk membuka pasar mingguan. Karena mengingat jauhnya lokasi pasar yang ada di Cibadak dan Palabuhanratu. “Alhamdulilah, kami sempat datang ke pak camat dan kepala Terminal Cikidang yang juga merespon baik dengan dibukanya pasar mingguan,” jelasnya.

Tidak hanya camat, kepala UPT Dinas Perhubungan (Dishub), Lili, juga merespon baik berjalannya pasar mingguan ini. “Kami pun memegang amanah dari pak kepala UPT Dishub yang harus memperhatikan kebersihan dan keamanan,” paparnya.

Lili juga mengaku telah menyiapkan tim untuk kebersihan dari para ojek. Sementara untuk keamanan dari Karang Taruna. Pasar minggunan ini dibuka tidak lama, yakni hanya pada hari Sabtu yang di mulai pukul 05.30 WIB sampai jam 10.30 WIB. Dan diluar dari jam yang sudah ditentukan itu, semua sudah bersih. “Sampah pun kalau sampah sayuran itu suka ada yang minta buat makanan ternak. Meja-meja dibereskan kembali ketempat yang aman,” pungkasnya. Lili pun berharap ke depan pasar tersebut jadi pemanen. “Tolong jadikan bahan pertimbangan untuk kemajuan Cikidang ini,” tandasnya.

(ddg/ram)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here